Selasa, 2 April 2019, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Asdep Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha, Kementerian Koperasi & UMKM melalui Dinas Koperasi UKM DIY melaksanakan kegiatan Restrukturisasi Usaha Bagi Koperasi & UMKM Binaan PLUT -KUMKM DIY.

Acara ini dihadiri oleh para pelaku UKM dan koperasi di DIY dari perwakilan masing-masing kabupaten kota. Mereka dikenalkan dengan aplikasi EWS (Early Warning System) yaitu sebuah sistem untuk menganalisis bisnis yang dilakukan oleh KUMKM.

EWS atau juga disebut sistem peringatan dini berfungsi untuk memantau kinerja usaha KUMKM terkat terjadinya peningkatan dan penurunan usaha. Sistem ini juga akan mendeteksi gejala-gejala yang terjadi terkait dengan kesehatan KUMKM daei aspek organisasi, manajemen, portofolio bisnis/usaha dan aspek keuangan sehingga mendeteksi kondisi kinerja KUMKM.

Dalam sambutannya, Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A menjelaskan pentingnya kolaborasi bagi KUMKM. Sinergi ini bisa dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media masa. Harapannya, dengan adanya sinergi ini bisa mendorong kualitas KUMKM di DIY. Dalam hal ini, para pelaku usaha beruntung sudah ada sebuah sistem yang dapat digunakan untuk menganalisa kinerja usahanya melalui aplikasi Early warning System (EWS).

Lebih lanjut, acara ini dibuka langsung oleh Ibu Dra. Sri Istiati, selaku Asdep Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha, Kementerian Koperasi UKM DIY.