Pokok paling penting dalam bisnis bukanlah sebuah produk yang bagus, bukan pula lokasi maupun tempat, dan bukan pula system manajemen. Akan tetapi hal yang paling penting adalah penawaran.

 

Penawaran adalah hal yang paling penting dalam bisnis. Dengan penawaran yang bagus, barang yang kurang bagus akan terjual. Apalagi kalau barangnya bagus. Dengan penawaran yang bagus pula orang akan dating ke lokasi usaha anda, walaupun lokasinya sulit dijangkau. Terlebih lagi bila lokasinya sangat strategis.

 

Dengan penawaran barang yang biasa saja akan berubah menjadi luar biasa. Dan dengan penawaran yang bagus akan membuat barang yang sudah bagus akan menjadi luar biasa bagus.

 

Lalu bagaimana melakukan penawaran sehingga dapat mengubah penjualan suatu produk dan jasa menjadi luar biasa? Nah, berikut ini adalah salah satu contoh penawaran yang dilakukan oleh seorang pelukis yang sangat kaya raya.

 

Pablo PicassoPernahkah anda mendengar pelukis yang bernama Pablo Picasso?

Pablo Picasso merupakan seorang pelukis yang dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Beliau dikenal sebagai seorang seniman yang sangat baik dalam membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Pablo Picasso lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dan meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun.

 

Hal yang menarik perlu dipelajari dari Pablo Picasso antara lain adalah dalam hal bagaimana dia menjual lukisan. Pablo Picassoo sangat ahli dalam menjual lukisannya. Dia sering kali melakukan pameran di hotel-hotel terkenal. Dan ketika memberikan undangan dalam setiap kali pameran lukisannya, dia selalu juga mencantumkan list nama-nama orang yang di undangnya serta jabatannya seprti Gubernur, para artis terkenal, dokter, pengusaha, dan orang terkenal lainnya.

 

Pernahkan anda mencoba membayangkan apa yang akan terjadi bila dalam satu acara, ada banyak orang yang diundang seperti Gubernur, para artis terkenal, dokter, pengusaha, dan orang terkenal lainnya berkumpul. Bisa jadi, seorang artis berminat ingin hadir mungkin bukan karena lukisan Pablo Picasso, melainkan ingin bertemu dengan gubernur. Atau bisa jadi dokter ingin bertemu dengan para artis. Atau mungkin  pengusaha ingin bertemu dengan gubernur, dan seterusnya sehingga banyak sekali yang hadir, dan inilah hal yang menarik dalam acara pameran lukisannya Pablo Picasso.

 

Pablo Picasso mengundang satu per satu tamunya untuk melihat lukisannya di suatu tempat eksklusif tertentu, kemudian ia bertanya kepada tamu istimewanya tersebut. Pertanyaannya adalah sebagai berikut, “Bapak adalah dokter bedah pertama yang saya beri kesempatan untuk melihat dan menilai karya seni saya, kira-kira berapa harga lukisan ini yang layak untuk Anda miliki?”

 

Orang-orang yang punya status sosial dan dan status ekonomi tinggi ketika ditanya oleh Pablo Picasso tentang lukisan tadi tentu saja akan memberikan nilai tinggi terhadap harga lukisan itu. Dan bayangkan bila pertanyaan tersebut tidak hanya diberikan pada satu atau dua orang saja, melainkan banyak orang dan diminta berkomentar serta diminta untuk menentukan perkiraan harganya.

 

Setelah itu Pablo Picasso mempertemukan mereka semua dalam forum dan diberitahukan berapa harga lukisannya yang diberikan oleh para tamunya tadi. Karena lukisan yang ditawarkan oleh Pablo Picasso hanya satu, maka terjadilah persaingan diantara para tamu undangan untuk memiliki lukisan itu. Dan pastinya mereka akan saling tawar mengajukan harga dengan memberikan harga setinggi mungkin. Dengan demikian, Pablo Picasso bisa mendapatkan harga yang luar biasa tinggi untuk setiap lukisannya.

 

Begitu piawainya Pablo Picasso menjual lukisannya. Lukisan yang sebenarnya kurang menarik, namun karena cara penawarannya yang sangat luar biasa ini membuat Pablo Picasso berhasil menjual lukisannya dengan harga tinggi. Pablo Picasso mampu menjadi pelukis terkaya semasa hidupnya. Dan salah satu lukisannya yang berjudul Dora Maar With Cat kini diperkirakan bernilai US$ 50 Juta.

 

Dari cerita tentang bagaimana Pablo Picasso menjual lukisannya, maka dapat disimpulkan bahwa penawaran adalah kunci sukses dari penjualan dalam bisnis. Tidak peduli seberapa bagus produknya, akan tetapi bila tahu cara menjualnya, maka kemungkinan lakunya akan luar biasa dan dengan harga yang luar biasa. Salam sukses!