Pernahkah anda mengalami “ketipu” ketika anda belanja online. Uang sudah anda transfer namun barang tak kunjung datang atau barang yang anda terima tidak sesuai dengan spesifikasi yang yang dijelaskan di awal. “Sakitnya tuh di sini” kata cita citata…heheh

Bagi sebagian orang mungkin akan trauma dan enggan belanja kembali melalui online shop, namun mungkin bagi sebagian yang lain menyikapinya dengan lebih berhati-hati dalam berbelanja.

Berikut ini beberapa tips sebelum memutuskan belanja di online shop:

1. Cermati barang yang akan anda beli. Pahami betul spesifikasinya. Jangan segan untuk menanyakan kepada penjualnya jika anda masih belum jelas. Setelah anda betul-betul yakin barulah anda putuskan untuk membeli.

2. Lakukan pembelian hanya kepada penjual yang kredibel. Membeli barang pada penjual yang kredibel setidaknya menghindarkan anda pada barang yang tidak dikirim. Kredibilitas penjual setidaknya dapat dilihat dari review konsumen yang pernah belanja dan konsistensinya menjual produk tersebut.

3. Bangun sikap hati-hati sebelum membeli. Transaksi di internet tidak dilakukan dengan tatap muka langsung sehingga peluang untuk tertipu jauh lebih besar.