Travelprenaeur-500x500

Judul :Travelpreneur: Memulai Bisnis Tour dan Travel dai Nol
Penulis : Katarina Indrawati
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Cetakan : I/2014
Tebal : 216 hlm; 20 cm
Tidak dimungkiri lagi bahwa traveling merupakan salah satu hobi yang digemari oleh banyak orang dewasa ini. Travelling di sini tidak hanya dimaknai sekedar aktivitas jalan-jalan, berlibut maupun rekreasi, tetapi juga untuk tujuan bepergian karena pekerjaan dan sebagainya. Dari sini kemudian muncul adanya potensi bisnis dalam bidang jasa traveling, yaitu bisnis Tour dan Travel.
Hingga kini, pertumbuhan bisnis Tour dan Travel sangat pesat. Hal ini tidak lain karena potensinya yang sangat menjanjikan. Pertumubuhan penduduk yang terus bertambah menjadi salah satu komiditi penting dalam bisnis ini. Setiap hari dapat dipastikan jumlah penumpang atau pengguna jasa tour dan travel ini semakin meningkat, baik dari domestik maupun manca negara. Untuk itu, bisnis Tour dan Travel ini menjadi salah satu bisnis yang layak dicoba oleh siapapun yang tertarik dan mempunyai hobi di bidang traveling.
Buku karya Katarina Indrawati ini akan mengajarkan pembacanya bagaimana memulai bisnis Tour dan Travel. Dalam buku ini, Katarina membagai pembahasan buku ini menjadi 11 (sebelas) bahasan, meliputi; 1) menagapa orang berbisnis; 2) Mengapa berbisnis Tour dan Tarvel; 3) Perispan Memulai Bisnis Tour dan Travel; 4)Mendirikan Sendiri Tour dan Travel; 5) Cara Mudah Menjadi Travelpreneur; 6) Analisis Perhitungan Investasi, Biaya Operasional dan Profit; 7) Tantangan dan Masalah Umum yang Sering Muncul; 8) Do’s and Dont’s dalam Bisnis; 9) Golden Rule dan Aturan-Aturan Penting dalam Menjalankan Bisnis; 10) Value/ nilai-nilai dalam menjalankan bisnis; 11) Model Bisnis EMFA Tours dan Travel.
Dalam menjalankan bisnis ini, ada beberapa nilai yang harus dipegang, yaitu tulus (sincere), jujur (honest), perhatian (care), Tanggung Jawab (responsible), Komitemen (coomitment) (hlm. 128).
Lebih lanjut, jika selama ini ada yang beranggapan bahwa bisnis Tour dan Travel itu tidak mudah karena membutuhkan modal yang sangat besar, ketrampilan khusus, sarana yang mendukung, tempat usaha yang strategis, perizininan yang ribet, maka melalui buku ini Katarina akan mengupasnya lebih detail lagi.
Buku ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin memulai dan mencoba bisnis di bidang Tour dan Travel. Potensinya yang sangat menjanjikan, menjadikan bisnis ini layak untuk dicoba. Selamat membaca!.