Marketing (pemasaran) merupakan suatu aktifitas yang sangat dinamis. Banyak aspek yang mestinya diperhatikan sebelum melakukan kegiatan pemasaran. Apalagi pemasaran melalui internet yang mana akselerasi perkembangan teknologi begitu cepatnya.

Sebagian marketer (pemasar) terkadang merasa kebingunan harus mulai dari mana. Melalui tulisan ini PLUT-KUMKM DIY bermaksud memaparkan langkah-langkah taktis yang dikutip dari beberapa ahli.

1. Menetapkan tujuan. Apa tujuan pemasaran internet anda? Sebagian besar mungkin akan menjawab untuk jualan dan menghasilkan uang. Akan tetapi maksudnya adalah apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan semata atau ada tujuan lain yang ingin dicapai seperti dengan meningkatkan awareness terhadap produk anda? Atau mungkin anda juga lebih bertujuan untuk mengedukasi pasar? Atau itu sebagai bagian dari bentuk support anda terhadap konsumen? Tetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin anda capai dengan melakukan pemasaran lewat internet.

2. Lakukan riset kecil. Lihat dengan seksama bagaimana situasi pasar yang sedang anda bidik. amati, dengarkan, dan catat apa yang terjadi di sana.

3. Siapkan strategi. Tujuan sudah punya, anda sudah mencoba melakukan riset pasar berikutnya anda perlu punya strategi bisnis internet untuk melakukan pemasaran via internet. Siapkan beberapa strategi yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan anda itu.

4. Lakukan segera. Selanjutnya terapkan strategi-strategi yang telah anda siapkan. Apakah anda akan menggunakan tool seperti blog, atau lewat facebook, twitter, jalankan satu-satu persatu.

5. Evaluasi. Sambil anda jalankan strategi pemasaran internet tersebut lakukan evaluasi hasil dari tool yang sudah anda jalankan. Apakah berhasil seperti reseller bisnis yang mampu membuat keywordnya menduduki posisi nomor satu di Google misalnya. Atau jika belum, apa persoalan yang muncul? Kenapa hal tersebut terjadi dan yang terpenting bagaimana solusinya?