Memasuki bulan Ramadhan banyak kita temui penjual makanan atau hidangan untuk berbuka puasa. Meskipun penjual makanan sudah banyak kita temui namun bisnis ini tetap merupakan bisnis yang cukup menarik di saat bulan Ramadhan, karena semakin banyak jumlah ibu – ibu yang memilih menyajikan hidangan yang praktis untuk keluarga tercinta di rumah. Dengan cara membeli makanan yang sudah jadi atau siap dikonsumsi.
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam berbisnis makanan jadi atau siap konsumsi, dalam pembuatannya yaitu : kualitas bahan baku, bahan baku harus dipilih yang baik serta bila menggunakan bahan tambahan makanan sebaiknya menggunakan yang diperuntukan bagi makanan karena penggunaan bahan tambahan makanan yang tidak dipergunakan untuk makanan dapat merugikan kesehatan konsumen contohnya untuk pembuatan cendol berwarna hijau sebaiknya menggunakan pewarna alami seperti daun suji tapi bila terpaksa harus digunakan pewarna sebaiknya menggunakan pewarna makanan, menu yang dibuat , menu yang dibuat sebaiknya adalah menu atau makanan yang telah dikenal oleh masyarakat atau makanan unik dari suatu daerah, jangan lupa bila kita membuat sendiri makanan tersebut sebaiknya resep telah diuji coba atau memiliki citarasa masyarakat atau calon konsumen sebagai contoh: siomay menggunakan bahan yang segar (ikan, ayam dll) atau untuk makanan yang digoreng seperti ayam goreng menggunakan bahan baku yang segar dan minyak goreng yang baik karena hal itu dapat meningkatkan cita rasa. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah kemasan, kemasan yang digunakan sebaiknya menampilkan makanan tersebut atau bila makanan tersebut dibungkus tanpa bisa menampilkan makanannya maka sebaiknya diberi keterangan, misalnya : lemper isi ayam, arem – arem isi tahu dll. Kemasan juga dapat meningkatkan umur simpan dari makanan yang dibuat, misalnya untuk untuk makanan kering seperti stik keju, atau kue – kue kering lainnya.
Demikian beberapa hal yang harus kita perhatikan pembuatan makanan siap saji, jadi mari kita mulai membuat bisnis makanan siap saji…