Saat ini tidak hanya selebritis yang mampu Go International, namun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga bisa memasarkan produknya sampai ke manca negara. Para pelaku usaha bisa memasarkan produknya di dalam negeri itu sudah biasa, namun bila sudah mampu mengekspor produknya ke manca negara, ini baru luar biasa. Tentunya hal ini tidak mudah membalikkan telapak tangan, perlu kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh.

Hal ini bisa dimulai dengan membuat standarisasi untuk usahanya. ISO 9001:2008 adalah salah satu standarisasi perusahaan yang bisa diterapkan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebab dengan adanya standarisasi ini maka otomatis dari segi kualitas produk, sumber daya manusia, pelayanan terhadap pelanggan juga semakin meningkat sehingga kepuasan pelanggan akan tercapai.

Untuk memasarkan produk sampai ke manca negara pasti akan menalami proses seleksi, dimana produk tersebut akan dilihat dari segi kualitas, apakah cacat atau mempunyai kandungan yang berbahaya. Namun produk sudah tersertifikasi maka otomatis kualiasnya pun sudah pasti baik.

Yang harus kita ingat, sertifikasi ISO 9001: 2008 bukan merupakan surat ijin ekspor yang bisa menjamin suatu perusahaan menjual produk maupun jasa ke manca negara. Akan tetapi sertifikat ini bisa menjadi persyaratan kontrak perjanjian antara pelaku usaha dengan pelanggan. Oleh sebab itu kini banyak perusahaan di Indonesia yang berusaha untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2008 guna mengantisipasi terhadap permintaan pelanggan manca negara.

Sumber: http://portalukm.com/siklus-usaha/membangun-usaha/sertifikat-iso-9000/