Bila kita mendengar makanan atau minuman sehat apa yang ada dalam bayangan kita? Bila itu minuman yang ada dalam benak kita adalah beraneka ragam jus atau juice sedangkan bila itu makanan maka terbayang adalah berbagai jenis makanan organik. Minuman dan makanan jenis ini tentu saja memiliki banyak manfaat bagi tubuh tapi bila bahan yang digunakan adalah bahan yang benar – benar berkualitas maka harga yang ditawarkan tentu saja menjadi tinggi. Namun harga yang tinggi tersebut tidak menjadi masalah bila konsumen ingin menjaga kesehatannya atau digunakan untuk pengobatan . Dengan gaya hidup sehat yang saat ini sedang menjadi tren maka bisnis makanan dan minuman sehat dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.
Indonesia yang memiliki iklim tropis membuat berbagai jenis sayuran dan buah – buahan tropis dapat tumbuh dengan baik di negeri ini, tentu saja beraneka jenis buah dan sayuran tersebut dapat menjadi pilihan bahan baku usaha ini. Pilihan bahan baku yang berkualitas menjadi syarat mutlak karena akan menghasilkan hasil akhir yang berkualitas pula. Bahan tambahan pangan sebaiknya dihindari demikian pula dengan perlakuan bahan yang berlebihan sebaiknya tidak dilakukan karena dapat merusak unsur – unsur positif dalam buah atau sayuran tersebut. Setelah proses produksi selesai maka pengemasan yang baik juga menjadi kunci pada produk ini. Kemasan yang digunakan tentu saja tidak bisa sembarangan karena dengan bahan – bahan alami maka produk tersebut besar kemungkinan akan cepat rusak sehingga kemasan yang baik sudah menjadi keharusan. Sebaiknya kemasan yang digunakan adalah kemasan kecil karena kita tidak perlu menyimpan kelebihan makanan atau minuman itu. Ingat makanan atau minuman ini perlu penyimpanan khusus agar tidak terjadi kerusakan. Kita perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus ini untuk pengangkutan agar makanan atau minuman ini tetap segar.
Saat proses produksi dan pengemasan telah selesai dilakukan maka saatnya memasarkan produk, Khasiat dari bahan – bahan untuk produk ini dapat menjadi alat promosi yang baik. Rekomendasi dari ahli kesehatan dapat digunakan untuk menambah daya tarik produk cantumkan pula testimoni dari orang – orang yang sudah menggunakan produk kita hal itu dapat kita share bila kita memasarkannya lewat media social. Lewat media social pula kita dapat memberi info bila kita memiliki varian – varian baru dari produk ini. Usaha ini masih sangat potensial dan dapat dikembangkan ke berbagai sektor di bidang kesehatan lainnya.