Whorkshop trainer SME Institute telah road show di tiga kota besar di Indonesia, Surabaya Jum’at (20/01), Jogja Selasa (24/01) dan Bandung Kamis (26/01). Kegiatan tersebut disponsori oleh Fokus dan UMKMnaikkelas, di Jogja SME Institute ini dilakasanakan di PLUT-KUMKM DIY dengan peserta dari Jogja dan sekitarnya, Selasa (24/01) kemarin.

SME Institute merupakan marketplace training bisnis bagi pelaku bisnis.
Screenshot_2017-02-06-08-49-29-896[1]SME Institute membangun ekosistem bisnis antara trainer, UMKM dan sumber-sumber pendukung untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Sedangkan SME itu sendiri sebagai platform untuk membangun kemampuan diri melalui metode self-help dan self-placed, serta sebagai penyedia layanan pengembangan bisnis.

Pengenalan SME Institute ini dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk memperoleh jasa layanan pelatihan dan event online maupun offline, selain itu juga dapat sebagai wadah untuk menyalurkan jasa pelatihan. Melalui kegiatan tersebut bagi peserta yang telah mengikuti trainer SME dapat menjadi trainer bisnis dengan cara menyiapkan materi dalam bentuk PPT, word, maupun video.

IMG_20170124_132738[1]

Dalam kegiatan tersebut, peserta training dilatih untuk membuat akun sendiri di website SME Institute dan kemudian dapat mengupload bahan materi training. Sehingga ketika seorang pelaku usaha ingin mengikuti trainer secara online dapat mendaftar training tersebut, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Ketika seseorang yang telah membaca materi secara keseluruhan, maka dapat diakatakan seseorang itu telah lulus dan berhak mendapatkan sertifikat training.

Materi yang disajikan oleh para trainer memuat hal-hal yang menarik dan mampu berkontribusi dalam pertumbuhan bisnis pelaku usaha yang telah mengikuti training. Harapannya dalam kegiatan trainer for trainer ini mampu meningkatkan skill mereka dan dapat memberikan dampingan kepada pelaku usaha seperti halnya UMKM.

Sagitaria Saputri/Mahasiswa Magang/Ekonomi Syariah/UIN Sunan Kalijaga