Pada dasarnya pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan nilai tambah untuk suatu produk. Di tengah persaingan usaha yang semakin padat, Usaha Kecil Menengah harus punya kelebihan dibanding pesaing.

Pemasaran atau marketing memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis, tetapi sering kali pemasaran ini tidak diprioritaskan. Marketing tidaklah sama dengan jualan karena dalam marketing bukanlah hanya sekedar jualan saja. Banyak yang kurang menyadari bahwa penerapan strategi pemasaran yang benar akan memberikan efek yang kuat terhadap perusahaan atau bisnis yang sedang dibangun.

Inkubator Bisnis PLUT KUMKM DIY

Hari ini PLUT KUMKM DIY mengadakan kegiatan Inkubator Bisnis tahap ke tiga dengan materi Tools Pemasaran. Ada tiga hal utama yang dibahas pada hari ini, yaitu:

  1. Susun Strategi dan Taktik yang Jitu
  2. Jual dengan cara yang Kreatif
  3. Iringi dengan Jurus Komunikasi yang Efektif

Inilah materi yang disampaikan pada kegiatan Inkubator Bisnis tahap ke tiga dengan materi Tools Pemasaran. Salah satu langkah dalam menyusun strategi dan teknik jitu pada kali ini disampaikan bagaimana membuat segmentasi pasar yang mudah.

 

Selain itu juga dibahas bagaimana cara untuk melakukan evaluasi pasar, berikut tahapannya.

Biasanya semakin sedikit pesaing pasar semakin menarik

–          Intensitas persaingan

–          Barrier to Entry

–          Produk pengganti

–          Supply-Demand

 

Apakah kita memiliki keunggulan di pasar yang akan disasa, misal:

–          Produk unggul

–          Layanan prima

–          dll

Biasanya semakin tinggi pertumbuhan semakin baik.

–          Tingg/Rendah

–          Konstan/Stagnan

 

Biasanya  semakin besar pasar semakin baik untuk dimasuki;

Besar/kecil, profitable, prospek size di masa depan

 

 

 

 

 

Inilah sedikit kutipan pelatihan pada season Inkubator Bisnis PLUT KUMKM DIY sesi 3. Setelah ini masih ada lagi kegiatan lanjutan dalam program Inkubator Bisnis PLUT KUMKM DIY.

Bagi Anda warga DIY khususnya yang memiliki usaha atau ingin berwirausaha, PLUT KUMKM DIY memberikan fasilitas pelatihan serta mentoring bisnis secara GRATIS. Informasi lengkapnya sa datang langsung ke PLUT KUMKM DIY, Jl HOS Cokroaminoto No 162 Yogyakarta, atau Telepon (0274) 552149

Jadi tunggu apalagi, ayo manfaatkan fasilitas-fasilitas PLUT KUMKM DIY yang ada. Dan tumbuhlah menjadi wirausaha yang sukses.

Selamat bergabung.