Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Pernahkan anda mengalami uang anda menipis di pertengahan bulan?

Pernahkah anda kehabisan uang sebelum akhir bulan?

Dan pernahkah anda merasa gaji bulanan anda selalu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Banyak orang mempertanyakan kepada diri mereka sendiri akan bagaimana mengatur keuangan supaya pertanyaan-pertanyaan diatas tidak terjadi. Bila anda adalah seorang pegawai atau pekerja baru yang biasa mendapatkan uang jajan bulanan atau gaji bulanan, pasti akan sangat menyakitkan bila pertanyaan-pertanyaan tersebut benar-benar terjadi. Apalagi bila kejadian tersebut tidak hanya terjadi sekali saja, namun berulang dan terus berulang.

Banyak diantara kita atau teman-teman kita bahkan akan bertanya, “Pertengahan bulan uang ko sudah menipis ya, perasaan engga beli apa-apa?”. Seringnya seseorang yang setiap akhir bulan meraskan kewalahan, atau bahkan baru di pertengahan bulan pun uang sudah sangat menipis, merupakan dampak dari kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana mengatur keuangan.

Ya, mengatur keuangan sangatlah diperlukan agar kejadian-kejadian seperti diatas tidak terus berulang dan tidak terjadi lagi. Manajemen keuangan merupakan sebuah jawaban penting  dan hal ini perlu dipelajari serta dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen keuangan akan sangat membantu anda dalam mengelola keuangan serta memberikan kenyamanan finansial sehari-hari. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menyampaikan beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika akan memanajemen keuangan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

1.  Membuat daftar pengeluaran bulanan

Pengeluaran bulanan merupakan pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Apabila anada memiliki cicilan yang harus dibayar setiap bulan, maka catatlah baik-baik dan hitunglah berapa yang harus anda bayarkan semuanya. Pengeluaran bulanan tersebut misalnya cicilan rumah, cicilan motor, cicilan mobil, listrik, telepon dan lain-lain.

2.  Sisihkanlah untuk menabung

Setelah anda mengetahui berapa banyak pengeluaran yang harus anda bayarkan, yang harus anda lakukan berikutnya yaitu menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk menabung. Ada banyak saran untuk menentukan berapa nominal atau berapa persen jumlahnya dari total pendapatan anda. Pastikan seberapapun uang yang anda tabung tidaklah memberatkan dan juga jangan sampai membuat anda tidak lagi memiliki cukup uang untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya anda dapat menyisihkan minimal 10% dari pendapatan anda.

Sepuluh persen merupakan jumlah yang wajar. Tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak, sehingga anda tidak merasa keberatan untuk menabung. Selanjutnya pastikan bahwa uang tabungan anda ini aman dan tidak dikeluarkan semena-mena. Ingat, bahwa uang tabungan ini akan anda siapkan khusus untuk kebutuhan masa depan anda. Sehingga jangan sampai uang tersebut terpakai untuk hal-hal yang kurang penting.

3.  Susunlah kebutuhan belanja harian

Menyusun kebutuhan harian selama satu bulan penuh merupakan langkah yang kadang sulit untuk dilakukan. Bukannya tidak bisa dilakukan, tetapi terkadang kita sering mengabaikan pengeluaran-pengeluaran kecil dan menyepelekannya. Namun bila hal itu dihitung selama satu bulan penuh, bisa jadi hal itu akan cukup menguras dompet anda. Dan bisa dibayangkan bila isi dompet anda tiba-tiba habis hanya karena menyepelekan hal tersebut. Maka dari itu, segeralah menyusun kebutuhan yang anda perlukan dalam satu bulan.

Dengan menyusun kebutuhan selama satu bulan, kita akan menjadi lebih mudah dalam belanja. Adanya daftar belanja bulanan ini akan memudahkan kita ketika belanja serta tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

Anda pun boleh memasukkan anggaran untuk ke salon atau membeli baju, yang penting ketika anda berbelanja, jangan sampai keluar dari yang telah dianggarkan. Jangan sampai tergoda dengan harga-harga yang murah atau discount gede-gedean.

4.  Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan

Ada sebuah saran menarik, bila anda ingin aman dalam mengatur keuangan anda, maka maknailah kebutuhan dan keinginan dengan cara yang bijak. Kebutuhan dan keinginan bukanlah dua hal yang sama. Anda harus benar-benar mengerti mengenai arti dari kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam satu bulan, yang wajib untuk dipenuhi. Sedangkan keinginan adalah suatu keinginan atau hasrat untuk membeli sesuatu yang diinginkan dan tidak wajib untuk dipenuhi.

Apabila anda memiliki suatu keinginan, alangkah baiknya anda menabung terlebih dahulu untuk membeli keinginan tersebut. Sebab apabila anda memaksakan untuk membeli, bisa-bisa uang bulanan anda tidak akan cukup untuk satu bulan.

5.  Miliki cita-cita finansial

Apakah anda sudah memikirkan tentang cita-cita anda? Dan apakah cita-cita tersebut ada diantaranya tentang cita-cita finansial? Cita-cita finansial merupakan cita-cita yang seharusnya dimiliki untuk membangun finansial yang bagus dan termanajemen dengan baik. Supaya cita-cita finansial yang anda inginkan dapat tercapai, terlebih dahulu anda harus menetapkannya tujuan tersebut. Selanjutnya rincilah dengan cermat bagaimana anda akan mencapainya. Hal ini sangat penting karena akan membantu anda menjadi lebih fokus dalam mengatur atau manajemen keuangan anda.

6.  Gunakan kartu kredit hanya pada saat yang medesak

Kartu kredit merupakan momok yang sangat berbahaya untuk anda yang gemar berbelanja. Apalagi buat anda para kaum hawa yang suka jalan-jalan ke mall dan sering mengincar sesuatu yang berdiskon. Please, gunakanlah kartu kredit anda sebijak mungkin. Banyak orang yang stress akibat membengkaknya tagihan kartu kredit ini yang jumlahnya bisa jadi sangat “WOW”. Gunankanlah apabila dirasa memang untuk keperluan yang sangat mendesak saja.

7.  Mulailah untuk balajar berinvestasi

Belajar berinvestasi merupakan belajar untuk masa depan. Buat anda yang khususnya telah melakukan langkah-langkah diatas dan ternyata masih ada uang lebih, kita sarankan agar segera belajar berinvestasi. Dalam berinvestasi anda nantinya akan bertemu dengan sebuah pertanyaan dimana anda harus mempertimbangkan investasi apa yang cocok dengan anda dan keungan yang anda miliki. Pastikan anda belajar berinvestasi dengan benar dan tepat sasaran. Apabila investasi yang anda pilih itu tepat, maka pastinya dari investasi tersebut akan menambah penghasilan dan tabungan anda.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam mengatur majamenen keuangan anda. Teruslah belajar dalam memanajemen keuangan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan SALAM SUKSES (y).