Dalam menentukan harga jual suatu produk atau jasa memang sebaiknya tahu bagaimana cara menentukan harga jual produk yang tepat. Terkadang muncul pertimbangan apabila dalam menentukan harga jual suatu barang taau jasa menggunakan harga yang terlalu mahal akan berdampak pada keuntungan banyak tapi konsumen sedikit.
Begitu pula bila sebaliknya, bila harga barang atau jasa rendah maka akan banyak konsumen namun keuntungan setiap pentualannya sedikit. Akan tetapi tidak sedikit juga seorang wirausaha pemula menginginkan sebuah keuntungan yang besar dan jumlah produk atau jasanya banyak yang laku terjual. Lalu bagaimanakah sebaiknya dalam menentukan harga suatu produk atau jasa yang akan ditawarkan?
Berikut ini ada beberapa tips cara untuk menentukan harga jual barang, diantaranya:
1. Sesuaikan dengan Biaya Produksi
Inilah cara mudah yang sering dipakai oleh banyak wirausaha pemula dan juga para pengusaha. Cara ini sangatlah simpel. Kita hanya perlu menetapkan harga jual berdasar biaya produksi yang dijumlahkan dengan berapa nilai nominal yang ingin didapatkan. Kita selanjutnya tinggal menghitung jumlah dari keduanya. Setelah biaya produksi ditambahkan dengan margin keuntungan yang diinginkan, maka itulah harga jual produk atau jasa tersebut.
Sebagai contoh adalah ketika seorang penjual daging ayam potong. Mereka membeli bensin dengan harga Rp 30.000,00 per kilogram. Kemudian ongkos transportasi dan operasional lainnya dalam pembelian daging ayam tersebut adalah Rp 2.000,00. Dan margin keuntungan yang diinginkan misalnya sekitar 20 persen. Maka cara untuk menentukan harga jual produk tersebut adalah dengan menambahkan Rp 30.000 + Rp 2.000 + 20 % ( Rp 30.000,00 + Rp 2.000,00). Cukup mudah bukan?

2. Pertimbangkan Biaya Kompetisi
Cara kedua yang dapat digunakan untuk menetapkan harga jual suatu produk atau jasa adalah dengan mempertimbangkan harga kompetisi suatu produk atau jasa sejenis yang ada disekitarnya. Cara ini biasanya dilakukan oleh pendatang baru.
Bagi mereka yang mencoba untuk menjual suatu produk atau jasa disuatu tempat yang sebelumnya sudah ada produk atau sejenis yang dijual di daerah tersebut, akan sangat bijak bila mempertimbangkan harga jual produk atau jasa sejenis tersebut yang sudah terlebih dahulu dijual disana.
Seorang wirausaha baru yang menjual produk atau jasa ditempat yang sudah memiliki banyak kompetitor sebaiknya membandingkan berapa harga jual kompetitor sebelum memutuskan untuk menetapkan harga jual produk atau jasanya.
Harga produk atau jasa bagi orang baru yang masuk dalam lingkungan yang telah memiliki produk atau jasa sejenis biasanya menetapkan harga yang cenderung lebih murah dari produk yang lebih dulu ada yang dijual toko lain. Meski lebih murah, biasanya tetap mendapat keuntungan. Hanya saja perbedaannya adalah pada margin keuntungan yang didapat lebih sedikit dibanding kompetitor.
Pada beberapa kasus yang telah dialami oleh banyak wirausaha pemula ada yang kemudian berani rugi saat menerapkan strategi harga jual berdasar kompetisi ini sebagai pendatang baru. Keberanian tersebut haruslah dibarengi dengan pertimbangan permodalan dan jangka waktu yang harus ditentukan dengan cermat. Hal ini penting supaya usaha tersebut tidak merugi dalam waktu yang lama. Apalagi apabila hanya menggunakan modal yang cenderung pas-pasan.

3. Pertimbangkan Tujuan Jangka Panjang
Cara ketiga dalam menentukan harga jual suatu produk atau jasa adalah dengan mempertimbangkan tujuan jangka panjang. Strategi merupakan sebuah kunci yang pastinya dibarengi dengan berbagai analisis dan proyeksi, baik proyeksi operasional jangka panjang maupun proyeksi pendapatannya.
Bila seorang pengusaha telah memiliki data yang valid dan mampu membaca pasar dengan baik, maka akan menjadi lebih mudah dalam menentukan harga jual suatu produk atau jasanya. Data yang valid pastinya harus dicari. Selain itu untuk menghitung dan menetapkan proyeksi juga pastinya membutuhkan keahlian, khususnya dalam membaca perkembangan pasar.

4. Tes dan Ukur
Harga yang telah dibuat atau ditetapkan oleh seorang wirausaha merupakan bagian dari menentukan harga pada periode waktu berikutnya. Bagaimana pengarus harga yang sudah ditetapkan sebelumnya terhadap kenaikan penjualan merupakan hal yang perlu dijawab. Karena bila tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan, maka sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan anda dalam menetapkan harga tersebut.

Demikianlah tiga tips singkat untuk menentukan harga jual suatu prosuk atau jasa. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita semuanya (y)