Halo mitra PLUT-KUMKM DIY, sebagai pelaku UMKM pastinya Anda sering melakukan aktifitas foto produk yang selanjutnya Anda upload di website maupun medsos Anda. Hal ini sangat penting karena foto produk dapat memberikan gambaran visual produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bahkan sebagian besar calon pelanggan lebih tertarik melihat foto produk terlebih dahulu baru kemudian membaca deskripsi produk Anda. Foto produk yang berkualitas akan memberikan peluang lebih besar dalam menarik minat pelanggan.

Karena foto produk merupakan salah satu faktor penting dalam penjualan, maka foto yang Anda tampilkan haruslah memenuhi kualitas. Anda harus dapat menampilkan sedetail mungkin produk Anda dengan pose-pose terbaik.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

  1. Produk harus menarik terlebih dahulu

Yang akan menjadi objek utama pada foto produk adalah produk Anda sendiri. Untuk itu produk Anda haruslah menarik dari segi penampilan. Ibarat orang yang akan difoto biasanya ia akan menampilkan senyum terbaiknya, pose terbaiknya, merapikan pakaiannya, menyisir rambutnya dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar foto yang dihasilkan dapat sesuai harapan. Begitu juga produk yang akan Anda foto, maka sebaiknya Anda perhatikan dulu penampilannya. Apakah kemasannya sudah baik, apakah sudah terlihat bersih, tidak kusam dan lain sebagainya.

 

Ingat, manusia itu suka yang indah-indah. Kita saja akan menghapus koleksi foto pribadi yang kita nilai kurang baik. Foto produk yang baik akan memberikan kesan tersendiri bagi yang meilhatnya.

 

  1. Pencahayaan

Banyak pakar mengatakan bahwa fotografi itu intinya bermain cahaya. Maksudnya adalah, kualitas suatu foto sangat dipengaruhi oleh pencahayaan yang pas. Makanya di studio foto peralatan yang paling banyak adalah lighting. Namun sumber pencahayaan terbaik adalah cahaya alami di pagi atau pun sore hari. Anda dapat menempatkan produk yang hendak Anda foto di samping pintu atau pun jendela yang besar.

 

  1. Background

Kebanyakan toko online memakai background putih untuk produk yang mereka pajang. Hal ini dikarenakan warna putih merupakan warna netral dan matching dengan warna apa pun. Sehingga produk dapat terlihat lebih fokus.

 

  1. Atribusi

Ada beberapa produk yang membutuhkan atribut agar produk utama menjadi lebih menarik. Contohnya untuk produk pakaian lebih baik menggunakan model atau manekin sehingga pelanggan dapat memperoleh gambaran seperti apa ketika ia memakainya.

 

  1. Kamera

Anda bisa menggunakan kamera apapun yang anda miliki. Lebih baik lagi jika yang di atas 2 megapixel (MP). Yang penting Anda menguasai betul kamera tersebut, tahu bagaimana setting fokus dan pencahayannya. Dalam dunia fotografi kamera hanyalah sebuah alat, sama halnya seperti senapan dalam dunia berburu. Dalam dunia berburu ada sebuah istilah yang berlaku juga dalam dunia fotografi,yaitu “The man behind the gun”.

 

  1. Teruslah bereksplorasi

Setiap produk pasti memiliki pose terbaiknya. Pose ini terkadang yang menjadi faktor yang menentukan hasil sebuah foto. Ibarat orang ada yang lebih menarik saat di foto dengan senyuman lebar, ada juga yang lebih menarik dengan sedikit mendongak dan lain sebagainya. Intinya jangan hanya puas dengan beberapa kali jepretan kamera, gali terus hingga menemukan hasil terbaik.