Yogyakarta, Konsultan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta (PLUT Jogja) mengikuti training of trainer (TOT) Pendamping Penerapan SNI ISO 9001 Bagi UKM di gedung BPD DIY jl. Tentara Pelajar No. 7 Jogja. TOT yang diselenggarakan berkat kerja sama BSN, ABDSI, Forbiz Indonesia, dan Bank BPD DIY ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi konsultan bisnis KUMKM yang tergabung dalam Furum Konsultan Bisnis KUMKM DIY termasuk Konsultan PLUT Jogja di dalamnya.

“Dengan mengikuti TOT ini kami harapkan konsultan PLUT Jogja mempunyai tambahan kompetensi di bidang pendampingan penerapan SNI ISO 9001 Bagi UKM.” Papar Yuli Afriyandi, koordinator konsultan PLUT Jogja.

TOT yang diikuti oleh 42 peserta dari berbagai lembaga pengembangan bisnis (BDS) dan perwakilan UKM, difasilitasi oleh fasilitator dari Badan Standarisasi Nasional (BSN), Ibu Widad Baraba dan Bpk Heri Kurniawan.

Dalam sambutannya, Dirut BPD DIY, Bambang Setiawan menyampaikan pentingnya penerapan SNI bagi UKM. Saat ini pasar Indonesia sudah memasuki era global, dimana ahir tahun ini Masyarakat Ekonomi ASEAN diberlakukan. Dengan diberlakukannya MEA 2015 maka arus produk dari negara-negara Asean akan kencang. Itu artinya produk UKM Indonesia akan bersaing langsung dengan produk luar. Untuk itu, diperlukannya standarisasi bagi UKM, sehingga managemen serta produk-produk UKM mampu bersaing dengan produk luar negeri. BM