Yogyakarta 9 September 2015. PLUT-KUMKM DIY menjadi ajang bertemunya kembali Forum Konsultan Bisnis UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut hadir dari berbagai pihak diantaranya adalah dari DLI, PLUT-KUMKM, KKMB, Usaha Desa.

Pembahasan mengenai Desa merupakan topik hangat yang saat ini diperbincangkan. Pak Sapto dari DLI memberikan paparan mengenai Desa, Regulasi desa, Peraturan mengenai desa dan pengalaman-pengalaman yang telah dilakukan dalam mendampingi salah satu desa di Jawa Tengah. Beliau menyampaikan bahwa desa memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan dan diberdayakan.

Pembahasan kedua adalah pemaparan dari usahadesa yaitu pak Najib. Pak Najib menjelaskan bahwa usaha desa memiliki tiga platform dalam mengembangkan desa. Yang pertama adalah berdesa.com, kedua desa belajar ketiga adalah online shop khusus desa.

Berdesa.com merupakan portal informasi mengenai isu-isu, berita-berita, topik-topik hangat mengenai desa dan perkembangannya. Setiap orang dari elemen desa berhak untuk mengisi konten berdesa.com. Jika konten sesuai dan layak diterbitkan maka akan diterbitkan oleh admin.

Desabelajar merupakan adaptasi dari freelancer/ unity yang menyediakan resource/sumber daya dalam banyak hal. Baik dalam pembelajaran kewirausahaan maupun dalam pembelajaran lain. Dan hal ini dilakukan secara online melalui website baik tulisan, gambar amupun video.

Online shop khusus desa merupakan platform dalam mengembangkan produk unggulan desa. Setiap desa yang memiliki produk unggulan dapat memajang produknya di toko ini. produk yang sesuai dengan ketentuan berhak untuk mendapat lapak di tempat ini. Dengan hal tersebut usaha desa memiliki pangsa pasar yang luas.

Dari desa untuk semua rakyat indonesia.

Referensi : www.annassp.com