Saat ini, kemajuan teknologi informasi sangat memberikan dampak positif bagi dunia bisnis. Saat ini, sebagian besar UKM di Indonesia yang sudah memanfaatkan teknologi untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Contoh teknologi yang paling sering digunakaan saat ini adalah smartphone. Teknologi ini selain friendly use juga sangat membantu aktivitas bisnis kapanpun dan di manapun. Aktivitas bisnispun tak lagi mengenal batas waktu layaknya bisnis konvensional.
Perkembangan teknologi smartphone didahului dengan adanya teknologi ponsel. Waktu itu, ponsel hanya memungkinkan seseorang untuk melakukan panggilan dan berkirim pesan. Namun, seiring dengan laju teknologi, fungsi dan fitur ponsel semakin berkembang sehingga dikenal dengan ponsel pintar (smartphone). Dengan teknologi smartphone ini seakan dunia dalam genggaman kita. Informasi apa saja bisa kita dapatkan dengan menggunakan ponsel pintar ini dengan adanya akses internet.
Dalam dunia bisnis, keberadaan smartphone juga membantu dalam transaksi bisnis (misalnya melalui internet banking), menjalin kerjasama bisnis, dan lainnya. Tidak hanya itu, produkivitas pun meningkat. Kita tak perlu lagi kantor secara fisik, hanya dengan bantuan smartphone kita bisa membuat virtual office untuk bisnis kita. Segala bentuk dokumen atau laporan dari karyawan bisa dikirim melalui perangkat pintar tersebut sehingga dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Tidak heran jika kemudian muncul pameo, “Usaha Jalan, Pengusaha Jalan-jalan”. Ya, bisnis tidak lagi hanya dilakukan di kantor secara fisik, tetapi sudah bergeser pada kantor maya (virtual office).
Akhirnya, setiap pengusaha hendaknya memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan aktivitas bisnisnya. Smartphone adalah perangkat baru yang akan sangat membantu bisnis Anda.[]
Smartphone