Rabu, 27 September 2017 bertempat di PLUT KUMKM D.I.Yogyakarta telah berlangsung kegiatan Kumpul dan Ngobrol santai bersama Mbak Ira Damayanti yang termasuk Tim Agregator Export dari Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh para pengusaha UMKM di wilayahD.I.Yogyakarta yang terdiri kategori usaha fashion, craft, aksesoris, make up dan makanan. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pengusaha sukses di berbagai bidang. Salah satu pengusaha yang sudah mengarah pada penjualan ekspor adalah Bu Ambar pengusaha batik dengan produk patung, baju dan berbagai sorvenir dari lurik. Kemudian Pak Sam sukses dengan produk kecantikan herbal dan barang khas Indonesia yang berasal dari bahan etnik pribumi khas Indonesia dan masih banyak yang lainnya.

Acara yang dibuat oleh ABDSI (Assosiasi Bisnis Development Service Indonesia) yang bekerjasama dengan Indonesia Exporter Club dan PLUT dinas Koperasi dan UMKM D.I. Yogyakarta berlangsung meriah dan audien sangat berantusias mengikuti acara tersebut. Banyak pengetahuan yang didapat dari pengalaman para pengusaha-pengusaha sukses yang hadir pada acara kemarin.

Agar dapat memiliki kualitas ekspor, berkelas dan mampu bersaing di pasar global maka para pengusaha tidaklah harus mengekspor barang dalam komoditas besar. Sedangkan untuk BUMN Logistik, BUMN perdagangan dan BUMN Finansial memerlukan sertifikasi untuk mampu dipasarkan di pasar global. Pemerintah akan menjadi fasilitator dan membantu semua proses pemasaran produk-produk komoditi UMKM lokal.“Jelas Ira Damayanti”

Acara ini sangat berguna bagi UMKM, terutama yang berorientasi ekspor. Karena pasar dalam negeri sudah dikuasai maka PR kita selanjutnya adalah menguasai pasar luar negeri. “Menurut Bapak Stanly salah satu audien dan juga pengusaha”

[Kontributor: Fajar]