Dewasa ini banyak kita jumpai mahasiswa yang bingung dengan pertanyaan, Akan menjadi apa nanti setelah lulus kuliah?. Sebab tidak dipungkiri bahwa setiap tahunnya, semua universitas pasti mewisuda mahasiswanya. Bahkan tidak hanya seratus dua ratus mahasiswa yang diwisuda, namun ribuan. Oleh karena itu banyak mahasiswa yang menjadi pengangguran, sebab persaingan di dunia kerja terutama di lingkungan perkantoran sangatlah ketat. Banyak sekali mahasiswa yang berburu untuk mendaftar menjadi karyawan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) sedangkan peluang untuk diterima sangatlah tipis.

Maka salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan berwirausaha.  Saat ini menjadi pengusaha merupakan salah satu pekerjaan yang sedang populer terutama di kalangan pemuda. Akan tetapi di sisi lain ada sebagian orang yang masih bingung ingin memulai dengan usaha apa. Sebenarnya tidak sulit untuk memulai berwirausaha, sebab ide itu selalu muncul kapan saja. Selain itu, berbisnis juga bisa dimulai dengan hobi. Misalnya kita memliki hobi memasak, maka kita bisa berbisnis catering atau makanan lainnya. Bila kita memiliki hobi mendaki gunung, kita bisa berbisnis dengan cara menyewakan peralatan untuk mendaki gunung. Dan masih banyak ide bisnis yang lain.

Kemudian sebelum kita memulai bisnis, kita harus tahu untuk siapa bisnis kita itu nantinya. Sebab konsumen inilah yang nantinya juga akan menentukan apakah bisnis kita sukses atau tidak, laris di pasaran atau tidak. Sebab tidak sedikit pula sebuah bisnis menjadi gulung tikar karena salah menentukan target konsumen. Kemudian kita juga harus menentukan keunggulan dari produk kita,. Selanjutnya penting juga bagaimana cara kita sebagai pelaku usaha ini memasarkan produknya agar sampai kepada konsumen. Setelah produk ini sampai ke tangan konsumen, penting juga seorang pelaku usaha untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen. Hal ini berfungsi agar konsumen mau membeli produk kita secara berkelanjutan. Lalu menentukan sumber-sumber pemasukan juga diperlukan. Setelah itu menetapkan kegiatan utama dan sumber daya yang dibutuhkan dalam berbisnis juga penting. Di samping itu menentukan siapa saja mitra kita dalam berbisnis juga diperlukan, karena bisnis ini tidak akan sukses bila tidak ada mitra di dalamnya. Yang terakhir adalah menentukan biaya pengeluaran. Ssemua biaya pengeluaran harus di catat, sebab dengan catatan ini maka kita sebagai pelaku usaha  bisa  melihat apakah bisnis kita rugi atau untung.

Selain penjelasan di atas, sesungguhnya kunci sukses dalam berbisnis adalah kita harus mau melakukan. Sebab bila kita memiliki ide yang brilian sekalipun namun ide itu tidak segera dilaksanakan, maka ide itu akan musnah dan hilang dengan sendirinya.