Yogyakarta, Hari ini Kamis, 1 November 2018 Dinas Koperasi dan UMKM DIY mengadakan kegiatan Sarasehan Pengembangan UMKM Dalam Menyongsong Pasar Global. Kegiatan ini dihadiri oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Sekrestaris Daerah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Pimpinan STIE YKPN, dan juga para konsultan PLUT beserta para pelaku UMKM dari berbagai wilayah kabupaten dan kota se DIY.

 

Kegiatan yang berlangsung di STIE YKPN ini mengangkat tentang pengembangan pasar digital UMKM. Pada kegiatan ini juga diadakan talkshow tentang perkembangan teknologi informasi yang dihadiri oleh Perwakilan dari Bulalapak dan Google Indonesia sebagai pembicara.

Salah satu hal yang disampaikan oleh GKR Hemas adalah perekonomian Yogyakarta hampir seluruhnya digerakan oleh sektor industri kecil atau mikro, akan tetapi dalam perkembangannya masih banyak para pelaku UMKM di Yogyakarta yang gelisah karena belum sampai pada gerakan pasar global di era digital yang sudah menuju pada Revolusi 4.0 yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

GKR Hemas berpesan kepada para pelaku UMKM di DIY supaya terus bersemangat untuk maju guna mengimbangi tren pasar ekonomi yang saat ini berubah dari konvensional ke era ekonomi digital. Beliau juga menambahkan bahwa penerapan digital marketing harus mulai digunakan oleh pelaku UMKM karena para calon pelanggan potensial saat ini lebih memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet.

 

Sekretaris Daerah, Gatot Saptadi, yang turut hadir dalam kegiatan ini juga menyampaikan bahwa saat ini masih banyak faktor yang menjadi kendala disektor UMKM dalam berkembang, salah satunya adalah sektor finansial dan akses informasi. Akan tetapi beliau juga berpesan supaya dinamika ekonomi yang berkembang pesat saat ini para pelaku UMKM DIY harus terus bersemangat untuk maju supaya mampu bersaing serta dapat mengejar tren ekonomi global yang terlah berubah ke era ekonomi digital.