Hari ini, Jumat 24 Februari 2017 ada kegiatan yang tidak biasa di Aula Gedung PLUT-KUMKM DIY. Aula PLUT yang biasanya dipenuhi oleh produk dari para pelaku UMKM mendadak diramaikan oleh para wanita anggota Koperasi Melati. Rupanya Koperasi Melati tengah melaksanakan kegiatan tahunan berupa Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2016. Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.30 WIB tersebut dihadiri pula oleh perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah DIY, Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja & Transmigrasi Koya Yogyakarta, Koperasi Dewi Kunthi Kota Yogyakarta dan Ketua Darma Wanita Dinas Koperasi UMKM DIY.

Kegiatan RAT dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Koperasi Melati. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Koperasi Melati Ibu Hj. Retno Sutrisno. Dalam sambutannya Ibu Retno menyampaikan harapnnya agar Koperasi Melati dapat bangkit kembali seperi dulu mengingat Koperasi Melati merupakan satu dari sedikit koperasi wanita masih aktif hingga saat ini.WhatsApp Image 2017-03-01 at 09.51.52

Dalam kesempatan tersebut tak lupa disampaikan bahwa majunya koperasi dipengaruhi oleh partisipasi anggotanya. Pertama, Koperasi dapat berjalan dan berkembang jika anggotanya memanfaatkan layanan simpan  pinjam yang ada di koperasi. Dengan demikian modal yang ada pada koperasi akan selalu berputar. Kedua, anggota koperasi diharapkan dapat berparsisipasi aktif dalam pengambilan keputusan yang ada di koperasi. Ketiga, anggota koperasi diharapkan ikut serta dalam melakukan pengawasan terhadap pegelolaan koperasi oleh pengurus. Dengan partisipasi dari anggotanya diharapkan koperasi dapat tumbuh menjadi koperasi yang sehat.

Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap Koperasi Melati atas terselenggaranya RAT Koperasi Melati karena tidak semua koperasi mampu menyelenggarakan RAT tepat waktu. Ucapan selamat juga diberikan kepada Koperasi Melati yang mendapat predikat sebagai “Koperasi Berkualitas”.