Program administrasi toko berbasis IT diciptakan untuk memudahkan pencatatan administrasi. Program ini merupakan terobosan inovatif bagi bisnis skala menengah. Software ini terintegrasi pada sejumlah divisi, dari mesin kasir hingga terintegrasi pada stok inventori. Sebelumnya penulisan laporan secara manual ternyata banyak sekali kelemahannya. Sehingga banyak laporan yang salah dan stock barang menjadi tidak valid. Sehingga sulit mengetahui seberapa besar laba yang diperoleh dalam satu bulan penjualan.

Program ini dapat membantu dalam memecahkan masalah yang terkadang menghambat kegiatan administrasi toko dalam skala kecil. Pada dasarnya, setiap transaksi sebaiknya dicatat dalam buku laporan. Demikian juga harga-harga barang dagangan juga harus ditulis dalam daftar harga agar pemilik toko mengerti. Selain itu kelebihan lain, softare ini mendukung platform bisnis UKM, karena mampu menyajikan data secara akurat dan bisa di update setiap minggu atau setiap bulan.

Disamping memiliki manfaat untuk membantu kerja manusia agar mudah dan cepat selesai, kelebihan lain dari program administrasi toko adalah software ini mudah diaplikasikan untuk bisnis pemula yang meliputi program akuntansi sederhana dan hasilnya bisa di print untuk dokumentasi, biayanya murah bahkan ada juga software trial selama tiga bulan, hasil akhir laporan bersifat akurat karena program ini sudah disesuaikan dengan rumus akuntansi dasar, dan bersifat komprehensif karena meliputi laporan laba rugi, jumlah barang dagangan, absensi pegawai, dan masih banyak lagi. Selain kelebihan ada juga kelemahan dari software ini, yaitu ketergantungan pada listrik, sebab jika listrik padam maka pekerjaan input data menjadi tertunda. Maka perlu adanya genset untuk back up power.

Sumber : www.bimbingan.org/program-administrasi-toko.html

Red Novita Budi Kurniatri