Profil

PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) D.I Yogyakarta (yang selanjutnya kami sebut sebagi PLUT Jogja) merupakan lembaga yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis dan manajerial, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM yang berada di D.I Yogyakarta.

Penyediaan jasa oleh PLUT Jogja secara umum hanya bersifat stimulus. Artinya bahwa jasa atau layanan yang diberikan oleh PLUT Jogja kepada KUMKM untuk mendorong KUMKM meningkatkan kapasitasnya dalam kinerja seperti yang disebutkan di atas yang untuk selanjutanya KUMKM dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi secara mandiri.

Secara khusus tujuan dari PLUT Jogja adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan layanan yang dapat mendorong koperasi dan UMKM di D.I Yogyakarta mengembangkan potensi unggulan daerah, sehingga tercapainya peningkatan kinerja dari KUMKM dengan empat tolak ukur: Produktivitas KUMKM, Nilai Tambah KUMKM, Kualitas Kerja KUMKM, dan Daya Saing KUMKM;
  2. Memediasi berkembangnya jaringan layaan pengembangan usaha KUMKM dengan para pemangku kepentingan lain di D.I Yogyakarta dengan tolak ukur Terbangunnya Jaringan Layanan dan Kemitraan bagi KUMKM.

Sedangkan sasaran dari PLUT Jogja sendiri adalah:

  1. Bertambahnya potensi unggulan daerah D.I Yogyakarta yang dikembangkan oleh Koperasi dan UMKM;
  2. Meningkatnya produktifitas Koperasi dan UMKM D.I Yogyakarta;
  3. Meningkatnya nilai tambah Koperasi dan UMKM D.I Yogyakarta;
  4. Meningkatnya kualitas kerja Koperasi dan UMKM D.I Yogyakarta;
  5. Meningkatnya daya saing Koperasi dan UMKM D.I Yogyakarta;
  6. Menguatnya jaringan layanan usaha yang dikembangkan bersama dengan lembaga kemitraan yang ada di D.I Yogyakarta.