Indonesia, sebagai Negara dengan luas lautan yang lebih dari 3 kali luas daratannya mempunyai potensi hasil laut yang sangat tinggi. Salah satu potensi hasil laut dari laut Indonesia adalah ikan. Dari mulai Sabang sampai Merauke  perairan Indonesia sangat kaya akan hasil ikannya. Sampai-sampai ada nelayan dari Negara tetangga pun nyari ikan di laut Indonesia.

Banyak jenis ikan hidup di perairan Indonesia yang merupakan potensi hasil laut. Salah satu jenis ikan yang sering ditangkap nelayan adalah jenis kulit ikan pari. Dari tahun ke tahun, produkstivitas tangkapan ikan laut selalu naik, tak terkecuali juga untuk ikan pari. Secara nasional berdasarkan data dari beberapa sumber yang diperoleh bahwa hasil tangkapan untuk ikan pari meningkat drastis jika dibandingkan dengan jenis ikan lainya.

Rata-rata persentase kenaikan produksi ikan pari jenis macan, kelalawar, dan jenis burung melebihi jumlah ikan secra keseluruhan dari persentase kenaikan rata-rata produksi perikanan nasional. Melihat data ini tentunya potensi ikan pari secara nasional sangat besar baik secara konsumsi daging maupun secara nilai ekonomi.

Seperti kita ketahui berasama bahwa saat ini mulai tumbuh industri pengolahan dari kulit ikan pari. Pada mulanya, ikan pari hanya terbatas sebagai kebutuhan konsumsi daging saja dan kulitnya menjadi limbah yang belum dimanfaatkan, saat ini kulit ikan pari dapat diolah menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Produk-produk yang dihasilkan dari pengolahan kulit ikan pari sangat beragam, mulai dari tas, dompet, asesoris, dan lainnya. Kesemuanya itu mempunyai nilai jual yang tinggi. Karakteristik produk dari kulit ikan pari akan cenderung kelihatan Lux atau mewah, hal inilah yang kemudian mampu mendongkrak nilai jual dari produk berbahan kulit ikan pari.

Sentra pengolahan kulit ikan pari tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa ada di provinsis Jawa Tengah semisal di Batang, Boyolali, dan Jepara. Ada juga di Jawa Timur dan Jawa Barat, serta juga ada di DI Yogyakarta. Produk dari kulit ikan pari banyak digemari konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga tidak heran jika beberapa perajin mampu mengekspor produk kerajinan kulit ikan pari ke luar negeri.