Indonesia yang merupakan negara tropis kepulauan memiliki banyak tanaman yang dapat hidup dengan baik, salah satunya adalah tanaman kelapa (Coconut). Dari tanaman ini dapat dihasilkan banyak produk atau hasil yang sangat menjanjikan, mulai dari tempurung kelapa yang dapat dibuat karbon aktif atau cenderamata, santan kelapa, sabut kelapa dan lain-lain. Dengan berbagai produk yang dihasilkan dari tanaman ini maka sering disebut sebagai tanaman kehidupan.
Tempurung kelapa yang diolah menjadi arang aktif dapat dimanfaatkan sebagai : penjernih air, penyerap zat racun di dalam tubuh karena dapat menyerap 60 % zat beracun yang masuk dalam tubuh, sebagai penurun kolesterol, bahan bakar alternative (energy terbarukan) dll. Indonesia termasuk dalam lima besar penghasil arang aktif bersaing dengan Filipina, Thailand, Malaysia dan Srilanka.
Sabut Kelapa yang diolah dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kasur pegas. Bila pada masa lalu sabut kelapa hanya digunakan sebagai alat pembersih (sapu, sikat dll) dengan dibuat menjadi matras maka dapat meningkatkan nilai jual sabut kelapa. Selain dibuat menjadi matras dapat juga dibuat menjadi tali sabut sebagai bahan baku geotekstil, serta bahan untuk campuran komposit sebagai bahan pengisi dan matriks untuk pengikat peredam suara.
Dari daging buah kelapa dapat dihasilkan minyak kelapa, santan segar yang dapat diolah menjadi tepung santan, serta air kelapa yang digunakan sebagai nata de coco. Meskipun bersaing dengan produk dari minyak kelapa sawit namun dari segi kualitas minyak kelapa memiliki kualitas yang lebih unggul yaitu tetap stabil walaupun digunakan pada suhu tinggi dan minyak kelapa tidak cepat beralih rupa menjadi asam lemak trans karena banyak mengandung medium chain fatty acid (MCFA). Demikian pula dengan produk nata de coco yang semula merupakan limbah (air kelapa) yang terbuang saat ini dapat menghasilkan pendapatan, bahkan saat ini ada inovasi mencampur air kelapa dengan santan untuk membuat nata tersebut yang dikenal dengan nata santan, produk yang dihasilkan akan memiliki cita rasa santan sehingga lebih gurih.
Bisnis olahan kelapa tidak ada matinya, semua bisa dijual. Apalagi bila dihubungkan dengan dengan trend energy terbarukan .