Pembukaan acara seminar Sukses Manajemen Bisnis Online bagi UMKM dilaksanakan pada 18-19 mei 2014 pukul 09.00 WIB yang secara langsung dibuka oleh Kepada KPAD Kab. Sukoharjo Ibu Ninik Ristiani.

Beliau menyampaikan secara jelas berkaitan dengan fungsi-fungsi Perpusda dan fasilitas-fasilitas yang ada di Perpusda seperti perangkat computer dan internet. Beliau menekankan juga pentingnya Teknologi Informasi dalam pengembangan UKM, dan beliau juga mengajak masyarakat juga pelaku UKM guna memanfaatkan fasiltas perpustakaan sebagai sumber informasi, baik informasi umum maupun mengenai pengembangan usaha bagi UMKM. Setelah memberikan sambutan beliau secara resmi membuka acara.

Setelah dibuka, CBO Perpuseru dalam hal ini Bpk. Ahmad Mukhsin diberikan kesempatan untuk memberikan penjelasan mengenai program Perpuseru. Dan selanjutnya dilanjutkan dengan acara seminar. Seminar dimulai oleh Yuli Afriyandi dengan memberikan ice breaking sebelum masuk kedalam materi. Selanjutnya materi seminar disampaikan, bahwa sebagai pengusaha, hendaknya pelaku UMKM mempunyai beberapa sifat, diantaranya terbuka terhadap pengalaman baru, berdisiplin & penuh dedikasi, Jaringan pergaulan yang luas , Selalu komitmen terhadap kesepakatan , dan mampu menghadapi tekanan dengan kepala dingin . Dengan memiliki sifat tersebut, diharapakan UKM mampu menjadi pengusaha sukses.

Selanjutnya, Yuli Afriyandi selaku Konsultan PLUT-KUMKM Yogyakarta menyampaikan pentingnya internet dalam membangun bisnis di masa kini. Dengan perkembagan teknologi informasi yang serba cepat seperti sekarang ini, pelaku UMKM harus didorong guna mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana guna meningkatkan SDM dan sebagai sarana Pemasaran Produk.

Dengan menguasai internet, UMKM diharapakan mampu memasarkan produk yang tidak lagi terbatas di lingkup daerah saja. Pasar yang bisa dijangkau UMKM bisa dilingkup nasional dan internasional. Adapun langkah yang bisa dipakai guna memasarkan produk salah satunya dengan menggunakan email Gmail yang lagsung terkoneksi dengan blogger.

Pada sesi selanjutnya, disampaikan oleh Annas Setiawan Prabowo yang memperagakan bagaimana membuat email dan blog sebagai sarana pemasaran produk. Dan sesi terakhir pemateri mengajak pelaku UMKM untuk tidak segan-segan datang ke KPAD Kab. Sukoharjo. Di KPAD Kab. Sukoharjo, tersedia fasilitas lengkap yang bisa digunakan pelaku UMKM sebagai sarana pembelajaran internet marketing.

Yuli Afriyandi