image

Yogyakarta, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah ditingkatkan kapasitasnya sebagai konsultan bisnisn KUMKM di Yogyakarta, Hotel Inna Garuda, Selasa 5 Mei 2015.

Dalam sambutanya, Ir. Riyadi Ida Bagus Saryo Subali, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM DIY pada sesi pembukaan menyatakan kebanggaannya DIY di tunjuk sebagai tuan rumah. Selain itu, beliau juga mengungkapkan “Saat inilah kesempatan teman-teman konsultan PLUT-KUMKM meningkatkan kapasitasnya melalui fasilitator pelatihan nantinya. Di sisi lain, para konsultan PLUT-KUMKM bisa langsung berkunjung ke PLUT-KUMKM DIY untuk study banding. Apa yang kurang dari PLUT-KUMKM DIY bisa diberi masukan. Namun apa yang lebih dari PLUT-KUMKM DIY bisa diterapkan di PLUT masing-masing”.

Braman Setyo, Deputi Pengembangan Restrukturisasi Usaha dalam sambutanya yang sekaligus membuka acara secara resmi mengungkapkan, “Konsultan PLUT-KUMKM harus mampu membantu menyukseskan program pemerintah 1 Juta UMKM Naik Kelas dan juga Izin Usaha Mikro Kecil. Untuk itulah kapasitas konsultan PLUT-KUMKM harus meningkat”. Di sisi lain, konsultan PLUT-KUMKM harus mampu menjawab semua tantangan dan permasalahan UMKM.

Rencananya, kedepan pemerintah melalui Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha akan membangun 45 PLUT-KUMKM lagi. Guna mengkoordinir keberadaan PLUT, saat ini juga sedang dilakukan kajian untuk membentuk PLUT Nasional. Harapanya, pencanangan program 1 Juta UMKM Naik Kelas dapat segera terwujud.