Yogyakarta, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah DI Yoyakarta mengembangkan layanan penguatan berbasis digital bagi para pelaku UMKM di DIY. Beberapa progam yang sudah dijalankan diantaranya pelatihan online marketing, pelatihan foto produk, serta fasilitasi ke beberapa market place yang saat ini berkembang di Indonesia seperti Matahari Mall, Tokopedia, UKM Market, Usaha Desa, juga Bukalapak.

Progam ini bertujuan memberikan salah satu terobosan di bidang pemasaran bagi UMKM yang memang sering menjadi momok bagi pelaku UMKM. Sudah menjadi rahasia umum memang saat ini perkembangan teknologi informasi membuka peluang pasar yang sangat lebar bagi setiap pelaku usaha. Dengan memanfaatkan internet, sebuah produk dapat dipasarkan ke semua wilayah tanpa batasan lagi.

“Kami sudah menjalankan program digitalisasi sejak pertama kali PLUT KUMKM DIY beroperasi pada tahun 2014. Pelatihan internet marketing dan fasilitasi ke beberapa market place kami berikan ke pelaku UMKM.” tutur Imam Syafi’i, salah satu konsultan bisnis PLUT KUMKM DIY yang juga CEO Rumah Branding Jogja.

Guna meningkatkan layanan di bidang internet marketing, PLUT KUMKM DIY melakukan penjajakan kerjasama dengan Telkom DIY untuk memberikan penguatan di bidang infrastruktur.

“Kami memang sudah sering mengadakan pelatihan internet marketing, namun jujur harus kami akui memang belum maksimal. Infrastruktur yang belum lengkap seperti ketersediaan lap komputer dan jaringannya kadang kala membuat setiap pelatihan yang kami berikan ke UMKM tidak maksimal. Sampai saat ini, saat pelatihan internet marketing kami jalankan, pelaku UMKM harus membawa alat tempur sendiri.” Yuli Afriyandi, koordinator konsultan menjelaskan.

“Dengan penjajakan ini, kami berharap pihak Telkom dapat memperkuat layanan kami di bidang digital dengan menempatkan fasilitas Broadbane Learning Center (BLC)-nya di PLUT KUMKM DIY.” Yandi menutup percakapan.

Era digital memang tidak dapat dibendung lagi. Saat ini, bagi siapa saja yang menguasai internet maka dia akan memenangkan persaingan. Pun halnya dengan dunia usaha. (IS)