KBSP
Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP) merupakan salah satu program unggulan PLUT-KUMKM DIY. Program ini memberikan layanan pelatihan dengan bermacam-macam tema kepada pelaku KUMKM seperti Strategi Sukses Internet Marketing, Business Model Generations, Teknik Pembukuan Sederhana, Implementasi ISO:9001-2008 bagi UMKM dan Teknik Packaging Produk Pangan. Sejak diluncurkan akhir tahun 2014 lalu setidaknya sudah lebih dari 200 orang pelaku KUMKM yang telah memanfaatkan program ini, dengan rata-rata jumlah peserta sebanyak 10 orang pada setiap pertemuan.

Seiring berjalannya waktu PLUT-KUMKM DIY berusaha melakukan pengembangan pada program ini yaitu dengan menggandeng konsultan dari lembaga Business Development Services (BDS) yang ada di Yogyakarta. Kerjasama ini tak lain untuk memberikan variasi materi kepada peserta. Selain itu kerjasama ini juga untuk meningkatkan kerjasama antar konsultan KUMKM yang tergabung dalam Forum Konsultan Bisnis UMKM DIY.

Mengawali kerjasama ini PLUT-KUMKM DIY menghadirkan Azfa Pabulo, SE, MEK dari Linked Syariah Consulting pada program KBSP yang dilaksanakan pagi tadi. Tema dalam kegiatan ini yaitu Teknik Pembukuan Sederhana. Salah satu kelemahan pelaku UMKM adalah pada pencatatan usaha. Banyak pelaku UMKM tidak menyadari pentingnya pencatatan setiap aktifitas usaha. Padahal untuk dapat mengukur tingkat kesuksesan usaha salah satunya dapat dilihat dari laporan keuangannya.