Yogyakarta 23 Agustus 2015 – PLUT KUMKM DIY memberikan pembekalan kepada pendamping diklat fungsi pendidikan Kementrian Koperasi dan UKM yang berada di wilayah DIY. Acara ini berlangsung selama satu hari. Drs Sultoni Nurrifai selaku kabid koperasi dan UKM wilayah DIY memberikan pengantar sambutan skaligus memberikan pengarahan kepada Para Pendamping Koperasi dan UKM agar mereka mendapatkan bekal dalam pendampingan Koperasi dan UKM.

Materi yang diberikan dalam pendampingan adalah terkait bagaimana pendamping KUMKM mampu memainkan peran sebagai mentor sekaligus pendamping KUMKM. Materi yang disampaikan diantaranya adalah mentoring bisnis oleh Yuli Afriyandi, personal enggagement oleh Boss Malas, pembukuan keuangan sederhana oleh Novita Budi Kurniatri S. Pd, Menyusun Rencana Kerja oleh Rosalia Kurnia Handari , dokumentasi dan pelaporan oleh Annas Setiawan Prabowo.

Dalam sistem pelaporan Annas Setiawan Prabowo menegaskan bahwa pelaporan dilakukan secara online perindividu dan perkegiatan. Mudahnya akses teknologi dan cepatnya informasi yang akan dilaporkan membuat para pendamping harus mampu memanfaatkan Teknologi Informasi secara mudah dan cepat. Google form dipilih karena mudah digunakan serta memiliki user interface yang cukup baik. Kinerja para pendamping ini akan dinilai berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka pencapaian KUMKM naik kelas. Hadirnya pendamping koperasi dan UKM ini diharapkan agar semakin mempercepat laju pertumbuhan UMKM.