Yogyakarta 13 November 2015 – PLUT-KUMKM DIY berama LPPD Kecamatan Semin selenggarakan pelatihan kewirausahaan. Pelatihan dihadiri oleh 23 UMKM desa kecamatan Semin Gunung Kidul. Pelatihan ini bertujuan untuk memahamkan peseta agar mempunyai finansial planning dalam menjalankan usahanya. Sebab tanpa perencanaan keuangan yang jelas, maka usaha akan berjalan secara stagnan.

Materi pertama tentang motivasi usaha disampaikan oleh Annas Setiawan Prabowo selaku Konsultan PLUT-KUMKM DIY. Materi ini menjelaskan tentang perlunya kita membagun usaha, serta menyemangati para peserta agar mampu menjalankan bisnis dengan baik dan benar.

Materi kedua diisi oleh Bertinus Sijabat dengan materi perencanaan keuangan. Bertinus menjelaskan bahwa perencanaan keuangan yang baik dapat membuat usaha berjalan dengan baik. Sebaliknya usaha yang tidak mempunyai perencanaan keuangan, maka tidak lama lagi perusahaan tersebut akan gulung tikar.

Interaksi antara peserta dan pemateri begitu antusias. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini maka usaha yang dijalankan oleh peserta akan semakin berkembang dengan baik. Diakhir sesi dilakukan foto bersama sebagai perwujudan bahwa kita menjunjung nilai-nilai kekeluargaan.