Yogyakarta, Pusat Layanan Usaha Terpadu, PLUT-KUMKM DI Yogyakarta sukses menyelenggarakan event ke-limanya di bulan Ramadhan. Event yang dalam rangkaian kegiatan ramadhan Buka Bareng Bisnis PLUT-KUMKM DIY dihadiri sekitar 35 peserta dari kalangan pelaku usaha yang ada di sekitar DI Yogyakarta.

Di edisi ke lima ini, PLUT-KUMKM DI Yogyakarta mengangkat tema tentang pemasaran atau marketing, Pintar Membaca Peluang Pasar. Untuk kegiatan ini PLUT-KUMKM menghadirkan salah satu praktisi pemasaran, Suyono Suharjo.

Suyono Suharjo adalah salah satu praktisi yang juga seorang konsultan bisnis yang pernah menjadi The Best Marketers (penghargaan penjualan terbaik se-Indonesia dengan 155% Over Target Sales dengan Arearage 0,0%). Di umur yang tak muda lagi, Suyono Suharjo mencoba membagikan ilmu marketingnya kepada para peserta Buka Bareng Bisnis.

Ada beberapa tips pemasaran yang diberikan pak Suyono kepada peserta, salah satunya adalah bagaimana suatu produk harus mampu bersaing di pasar. Untuk mampu bersaing di pasaran, sebuah produk wajib memiliki kekhasan atau nilai jual lebih dibadingkan prosuk sejenis di pasaran. Di sisi lain, strategi pemasarannya harus mampu mengadopsi kebiasaan lokal dari konsumen.

Kegiatan Buka Bareng Bisnis ke lima diahiri dengan agenda buka bareng dan ramah tamah dari seluruh peserta.