IMG20170127101917Hari ini, Jum’at 27 Januari 2017 PLUT Jogja mengadakan pelatihan KBSP ( Kelas Bisnis Selasa Pagi) lanjutan edisi 67. Pelatihan PLUT ini yaitu lanjutan dari Pelatihan KBSP pada hari Selasa, 10 Januari 2017. Pada pelatihan kali ini yaitu membahas tema memebuat poster sederhaana menggunakan Handphone Android, dengan pemateri Bapak Wira Sutirta salah satu konsultan pendamping PLUT dan dihadiri oleh 6 peserta mitra PLUT yang terdiri dari UKM Frogen Food sehat, Batik rias fashion, dahan susu, Ely’s Wardrobe, Kiblat Hijab, Mainan Anah.

Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP) lanjutan edisi ke 67 , pada kali ini Bapak Wahyu Tri Atmojo menyampaikan bahwa KBSP #67 tentang pembuatan poster via android sudah dilakukan pada 10 Januari 2017. Namun karena kuota terbatas dan ada beberapa permintaan dari sejumlah Mitra PLUT Jogja yang menginginkan pelatihan serupa, maka PLUT membuka kembali Kelas Bisnis tentang membuat poster sederhana melalui Handphone Android dan hari ini mereka mengikuti Kelas Bisnis tersebut.IMG20170127101856

Disampaiakan pula bahwa para pelaku usaha boleh mengusulkan untuk mengadakan kegiatan teknis dan non teknis minimal 5 sampai 7 orang kelas baru dibuka. Penjelasan dari salah satu konsultan PLUT yang mengurusi pelatihan dan pengembangan SDM, “ Pelatihan KBSP Pembuatan Poster melalui Android bisa di buka asalkan dihadiri minimal 5 sampai 7 orang “

Salah satu kutipan dari pemateri Wira Sutirta ada empat hal yang berpengaruh dalam pembuatan poster melalui android yaitu yang pertama, Objek yang dimaksud disini yaitu Objek gambar harus berformat PNG, Kedua yaitu Background yaitu background lebih baik putih agar dapat menarik perhatian orang, Ketiga Font yaitu font harus jelas dan warna font tidak sama dengan objek serta agak besar. Keempat yaitu Layout yaitu tata letak dan warna harus sesuai agar menarik.

IMG20170127103057Berikut adalah tanggapan dari salah satu peserta pelatihan KBSP lanjutan pembnuatan poster android edisi 67 yaitu dengan Ibu Santi dengan usaha UKMnya yaitui Jual Jilbab. Menurut ibu Santi pelatihjan ini sangat membantu sekali juga sebagai salah satu sarana promosi dan lebih enak karena ada desian gravisnya. Ibu Santi juga berharap untuk kedepannya agar Topik yang di sampaikan dalam Pelatihan lebih bervariasi atau berbeda-beda.

(Sujatmiko/ Magang UNY 2017)