Surakarta- PLUT Jogja mendukung kegiatan sinergitas pendampingan UMKM menuju naik kelas yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang dimulai dari hari Minggu tanggal 29 sampai dengan hari Selasa tanggal 31 Juli 2018 membahas tentang perkembangan pendamping untuk UMKM supaya bisa naik kelas.

Hadir dalam kegiatan ini sebanyak 58 peserta yang terdiri dari pimpinan pengelola PLUT beserta para Konsultan PLUT dan para staff pengelola yang berasal dari PLUT se-provinsi Jawa Tengah, Kebumen, Cilacap, Purbalingga, Surakarta dan PLUT Sukoharjo serta UKM Center Jawa Tengah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah.
Forum tersebut membahas empat isu utama terkait PLUT, antara lain tentang penjelasan untuk definisi UMKM Naik Kelas, strategi pendampingan bagi para konsultan PLUT, sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi, dan pemerintah kabupaten / kota tentang pengelolaan PLUT, serta bagaimana melakukan penilaian kinerja PLUT.

PLUT Jogja yang berasal dari Provinsi DIY beserta PLUT Batu dan PLUT Tulungagung dari Provinsi Jawa Timur mendapatkan undangan untuk ikut mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga hadir dalam kegiatan ini dari PSP KUMKM UNS Surakarta.

Asisten Deputi bidang pendampingan usaha Kedeputian restrukturisasi usaha Kementerian Koperasi dan UMKM turut hadir dalam kegiatan tersebut. Beliau menjelaskan tentang keberlanjutan dukungan pemerintah pusat terhadap program PLUT KUMKM.

Pada sesi akhir dari kegiatan ini peserta menyerahkan hasil FGD 4 isu utama PLUT KUMKM kepada Ibu Asdep dengan harapan bisa ditindaklanjuti menjadi kebijakan nasional.