Yogyakarta, Sesuai dengan fungsi dan peran PLUT sebagai Pusat Layanan Usaha Terpadu maka pada tanggal 21 Maret 2014 konsultan PLUT jogja mengadakan kunjungan ke UKM AADS.

AADS yang merupakan singkatan dari “Ada Apa Dengan Susi”, unik dan menarik karena memang latar belakang lahirnya nama AADS di inspirasi dari sebuah film local yang cukup terkenal di tahun 1990-an yakni AADC (Ada Apa Dengan Cinta). Karena ownernya bernama Susi maka akhiran C diganti dengan S,…hahha sungguh kreatif!. Blusukan_ Sentra budidaya dan olahan Bayam

BTW nih, mungkin kita akan bertanya, apa sih bedanya keripik bayam AADS dengan keripik bayam lainnya? Penasaran kan?,… Kripik ini memiliki tekstur yang berbeda dengan kripik bayam yang telah ada sebelumnya, yaitu lebih renyah dan kandungan minyak dalam kripik tersebut relatif lebih lebih rendah.

Kripik Bayam Crispy yang terletak di jalan Balangan, Banyurejo, Tempel , Sleman ini dimiliki oleh ibu Susi yang nama lengkapnya adalah Susi Hartini. Usaha yang dimulai sejak tahun 2009 dengan modal awal sebesar Rp.100.000,00 ditambah pinjaman dari bank sebesar Rp.10.000.000,00. Dan sejak tahun 2009 hingga sekarang usaha ini telah memiliki tenaga kerja sebanyak 4 orang dan sanggup berproduksi 200 kg dalam sebulan. Untuk pemasaran Keripik Bayam Crispy ini telah menjangkau toko oleh-oleh di sekitar Kabupaten Sleman. Dan kedepannya ada keinginan Bu Susi untuk memasarkan produk olahan bayam ini lebih luas lagi. 2014-03-21 10.45.43

2014-03-21 13.29.44Selain itu, hal yang menarik lainnya dari usaha Bu Susi ini adalah dikembangkannya wisata edukasi yang bermaksud untuk memberikan edukasi kepada pengunjung tentang proses awal pemeliharaan tanaman bayam hingga proses olahan bayam menjadi keripik bayam crispy. Beberapa sekolah terutama sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak sudah banyak yang berkunjung kesana. Jika berkunjung kesana, anak-anak akan diberikan pengetahuan cara penanaman dan perawatan bayam yang baik, ujar Bu Susi ke kami Tim Konsultan.

Dari kunjungan ini, Tim Konsultan berkomitmen akan menjalin kemitraan dengan Bu Susi selaku owner Bayam Crispy AADS. Dan harapan kedepannya dari kemitraan ini akan dapat memberikan nilai tambah bagi produktifitas usaha ini kelak. (ed/Rosa)