Yogyakarta, sebagai bentuk tanggung jawab Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) DIY yang mengemban misi memberdayakan KUMKM agar dapat berdaya saing, maka pada hari senin-selasa 17-18 Maret 2014, PLUT DIY menyelenggarakan bimtek kewirausahaan seri manajamen usaha bagi penerima hibah gerakan kewirausahaan nasional pada tahun 2013.

Sebelumnya, bimtek ini terselenggara atas hasil diskusi para konsultan PLUT DIY dengan perwakilan HiDiskusi panel persiapan pembentukan koperasi penerima Dana GKNmpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional Pemuda Indonesia (HGKNPI) wilayah DIY yang mempunyai inisiatif untuk mendirikan kelembagaan koperasi sebagai wadah permodalan bagi pengusaha-pengusaha pemula.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Dekopin DIY Bpk. Surya Purba, SH sebagai pemateri pertama, Kabid Bidang Koperasi dan UKM Bpk. Drs. Sultoni Nurifai, M.Si, Bpk Dwi Kuswantoro, SE dari Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) DIY untuk pemateri kedua dan ketiga.

Adapun di akhir acara pada hari pertama, perwakilan dari HGKNPI pusat Bpk Moch. Mujayin selaku ketua majelis tinggi, dan Hendra Suhendra selaku bendahara memberikan sosialisasi tentang kelembagaan HGKNPI. Selain itu juga pada kesempatan yang sama peserta kedatangan asisten deputi bagian monitoring deputi bidang V pengembangan SDM Bpk. Prakoso Budi Susetyo, SE., MM   yang memberikan pengarahan sekaligus evaluasi kepada peserta penerima hibah dana GKN di tahun 2013.

Hari pertama di tutup dengan semangat dan antusias peserta untuk segera membentuk kelembagaan koperasi.

Adapun hari ke dua, seFoto bareng asdep monitoring kemenkop dan UKMmua kegiatan di ampu oleh para konsultan PLUT. Para peserta dibagai dalam empat kelompok sebagai tim perumus dengan berbeda-beda bahasan. Kelompok pertama diberi tugas membahas AD/RT kelembagaan koperasi, kelompok kedua membahas tata tertib, kelompok ketiga membahas usaha kelembagaan koperasi dan yang keempat membahas SOP dan SOM.

Di akhir acara, para peserta di persilahkan untuk memaparkan hasil diskusi yang diampu oleh para konsultan PLUT.

Dan sebagai penutup acara, rencana tindak lanjut dari 2 hari kegiatan tersebut, para peserta sudah dijadwalkan untuk segera membentuk koperasi. (nDi).