blog-kumkm-plut-kumkm-diy-blogMenjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan segera kita hadapi, sudah sejauh mana para pelaku UMKM untuk menghadapinya? . Resolusi bagi UMKM mau tidak mau, suka tidak suka, saat ini harus bisa melek teknologi. Terutama teknologi internet. Dari segi pemasaran banyak yang ditawarkan oleh internet. Selain biaya yang cukup terjangkau, jangkauan internet sangat luas. Dari segi branding, internet mempunyai dampak yang sangat signifikan bagi brand suatu produk.

Blog/website bagi perusahaan memiliki peranan penting karena sebagai identitas digital yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya menaikan nilai tawar perusahaan, namun dengan blog perusahaan mampu menjangkau dan mengenalkan produk kepada pada konsumennya. Ada dua kriteria blog berdasarkan biaya yaitu berbayar dan gratis. Untuk gratis penyedia blog ada blogger.com, wordpress.org dan masih banyak lagi. Untuk yang berbayar cukup membeli domain dan hosting saja seharga 200 ribu. Mesin blognya bisa diinstal wordpress, blogger, joomla, code igniter. Jika dibandingkan yang gratisan tentu saja yang berbayar memiliki fitur yang lebih powerfull. Pertanyaannya sekarang apakah perlu UMKM memilik Blog? apakah sudah cukup memasarkan dan membranding suatu produk hanya melalui media sosial?

Pentingya UMKM memiliki Blog :

  1. Sebagai profil di dunia online.
  2. Sebagai sarana pemasaran secara online dan mengenalkan produknya.
  3. Penyampaian informasi secara cepat dan terjangkau.

PLUT-KUMKM DIY akan menyelenggarakan pelatihan pembuatan blog bagi UMKM D.I Yogyakarta. Pelatihan ini akan dilakukan pada hari selasa 17 Maret 2015, namun untuk saat ini quota sudah penuh jadi yang berminat bisa mendaftar kembali di periode selanjutnya.