Munculnya persaingan dalam berwirausaha merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Ditambah dengan perkembangan dunia teknolagi Informasi yang sangat pesat. Pengusaha dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan hidup usaha.

Seorang pelaku usaha sebaiknya harus memiliki strategi bisnis yang tepat supaya tetap mendapatkan kepercayaan dari para konsumen serta dapat bersaing dengan para  pesaing lainnya.Teknologi informasi memberikan peranan yang besar dalam aspek pengelolaan bisnis. Salah satu teknologi informasi yang sampai saat ini  banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah internet.

Suatu perusahaan akan selalu memerlukan suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan jasanya kepada masyarakat. Pemasaran ini dapat dilakukan melalui media cetak atau media elektronik.

Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah  pemakainya untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Kita dapat memasarkan berbagai hal,baik itu berupa  produk ataupun layanan, dengan daerah pemasaran yang tidak terbatas, bahkan dapat menjangkau seluruh dunia.

Seiring dengan  perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat pada saat dewasa ini menyebabkan mulai munculnya berbagai aplikasi bisnis yang berbasis internet. Disinilah pengetahuan tentang internet marketing sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha untuk menunjang perkembangan usahanya.

Pengetahuan tentang internet marketing juga tidak sebatas mempelajari media apa saja yang digunakan, melainkan hingga bagaimana seorang pelaku usaha mampu mengenalkan produknya. Sehingga para pelaku usaha juga sebaiknya dapat mengetahui bagaimana memberikan informasi yang menarik mengenai produk atau jasa yang dijual kepada konsumen.