Suatu lembaga perlu memiliki standar manajemen mutu guna meningkatkan kualitas kerjanya. ISO (International Organization for Standardization) merupakan lembaga yang didirikan pada tahun 1947 yang fokus di bidang standarisasi. Adapun ISO yang paling dikenal pada saat ini adalah ISO 9001 tentang standar manajemen mutu. Standarisasi ini perlu dimiliki setiap lembaga tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mengapa UMKM perlu memiliki standarisasi.

Dahulu ISO 9001 ini hanya diterapkan di perusahaan yang profit oriented, namun seiring perkembangan jaman, kini organisasi baik yang profit oriented maupun yang tidak pun bisa menerapkan standarisasi ini.

Saat ini pun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu memiliki standarsisasi. Salah satunya adalah ISO 9001, sebab dengan memiliki standarisasi ini bila seorang pengusaha memiliki program ingin membangun usahanya maka akan bisa diukur bagaimana agar sumber daya manusianya baik, produknya berkualitas, pemasaran semakin meluas, dan sebagainya. Semua hal ini memerlukan sistem yang baik, maka tidak hanya perusahaan yg sudah besar saja yang harus memiliki standarisasi, namun pengusaha Mikro Kecil dan Menengah pun juga perlu memiliki standarisasi usahanya agar kepuasan pelanggan dapat tercapai.

Sumber: sintegral.com