Desa merupakan sosok yang jadi promadona saat ini. Bagaimana tidak, desa saat ini memiliki potensi sangat menjanjikan dan bahkan dilirik oleh banyak pihak. Banyak orang desa yang ingin berwirausaha namun tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana memulai dan menjalaninya. Katakanlah BUMDES Badan Usaha Milik Desa atau untuk sekedar memulai sebagai Wirausaha Desa bahkan Usaha Desa. 3 Istilah tersebut merupakan kata-kata yang kadang belum akrab ditelinga kita. Mari kita bahas bersama istilah-istilah tersebut sehingga kita faham makna dan istilahnya.

BUMDES Badan Usaha Milik Desa merupakan badan milik desa yang menjalankan usaha. Bentuk badan usaha bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada di desa masing-masing. Bentuk badan usaha BUMDES diantaranya adalah Koperasi, CV ataupun PT. Pengelolaan BUMDES memang memerlukan energi yang cukup banyak. Bagaimanapun juga BUMDES memiliki tanggung jawab moral untuk mensejahterakan masyarakat Desa. Untuk mempelajari bagaimana BUMDES ini dijalankan silahkan baca artikel ini Memetakan BUMDES.

Wirausaha Desa merupakan sosok/pelaku usaha desa yang dinantikan oleh banyak masyarakat desa. Wirausaha yang lokasinya di desa ini akan semakin mengokohkan perekonomian rakyat desa.Tidak hanya itu sinergi dengan BUMDES pun bisa dilakukan dengan baik. Wirausaha desa yang memiliki jiwa entrepreneurship ini akan mampu melihat bagaimana memaksimalkan potensi seluruh sumber daya yang ada didesa untuk menunjang bisnisnya. Wirausaha desa lebih pada sosok seseorang yang menjalankan usaha desa.

Usaha Desa merupakan obyek dari Wirausaha desa maupun BUMDES, Usaha desa yang dijalankan dengan baik akan berpengaruh terhadap perekonomian disekitar. Pacuan ini diharapkan bahwa usaha desa mampu menyerap tenaga dari desa. Sehingga pemuda ataupun orang desa tidak perlu lagi merantau atau pergi dari desa untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Demikian 3 istilah yang sebenarnya terdiri dari dua kata yaitu wirausaha dan desa.