Pelatihan Desa Preneur PLUT di DlingoDlingo – Pada hari Senin tanggal 06 Februari 2017 diadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Desa Preneur di Kecamatan Dlingo. Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari Kelompok Pengrajin Kayu Desa Terong Kabupaten Bantul. Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Agus Mulyono selaku Kepala Bidang UKM. Pelatihan Desa Preneur ini semakin menarik karena ada 2 sesi materi. Sesi pertama yaitu tentang “Pelayanan Prima” yang dibawakan oleh Bapak Wahyu Tri Atmojo selaku Konsultan PLUT-KUMKM DIY bagian Sumber Daya Manusia dan sesi kedua diisi oleh Bapak Ismail Hermana selaku Direktur Rumah Mandiri Usaha (RMU) dengan materi “Motivasi Bisnis”.

Pelatihan Desa Preneur ini bertujuan untuk pengembangan usaha yang sedang dijalani dan yang terpenting adalah untuk meningkatkan perekonomian para pemilik usaha. Tidak hanya dibekali materi, tetapi para pemilim usaha ini juga akan mendapatkan bantuan misal saja dalam hal pemasaran melalui Galeri PLUT-KUMKM DIY dan juga bantuan bahan baku untuk usaha. Untuk mengembangkan sebuah usaha salah satu hal terpenting adalah meningkatkan layanan prima. Layanan prima sendiri merupakan sebuah hasil dari membangun kualitas produk dan layanan dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini dapat terlihat bahwa layanan prima dalam usaha akan merujuk pada sebuah kepuasaan yang dirasakan oleh para pembeli atau bahkan pelanggan. Deikarenakan tingkat kepuasan pelanggan dapat menjadi tolak ukur dalam peningkatan kualitas produk yang dihasilkan oleh para pelaku usaha. Sedangkan tahapan dalam membangun kualitas sendiri dapat dijabarkan menjadi 3 bagian, yaitu pengawasan kualitas, penjaminan kuaitas dan manajemen mutu total.Pelatihan Desa Preneur PLUT di Dlingo Bantul

Acara pelatihan yang diadakan selama 1,5 jam ini berjalan lancar dan disambut antusias oleh Kelompok Pengrajin Kayu Desa Terong. Tidak hanya diadakan pelatihan saja, namun juga disediakan pendampingan usaha oleh dua orang pendamping yang ditugaskan untuk pendampingan usaha selama 4 bulan. Selain itu tugas pendamping ini adalah juga me-mentoring dan menyampaikan perkembangan usaha yang sedang dijalankan oleh para pelaku usaha.

Pelatihan Desa Preneur PLUT(Wulan Andrianingtyas/ Magang UNS 2017)