Yogyakarta (14/7/2014) – Nglangran dalam beberapa tahun terahir ini terkenal sebagai salah satu obyek wisata alam di kab. Gunung Kidul. Pemandangan alam yang indah dari atas gunung api purba menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam. Selain puncak gunung api purba, Nglangran juga mempunyai obyek wisata lainnya yaitu berupa danau kecil atau sering disebut Embung Nglangran. Dengan daya tarik wisata alam tersebut, setiap akhir pekannya selalu dipenuhi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

Selain sebagai salah satu obyek wisata, komplek gunung api purba Nglangran juga mempunyai hasil perkebunan yang cukup menjadi komoditi menjanjikan, yaitu kakao. Masyarakat sekitar gunung api purba menanam kakao dilingkungan tempat tinggalnya sebagai hasil sampingan pertanian. Hasil pertanian kakao sampai saat ini sebagian besar masih dijual dalam bentuk biji kering, adapun yang dibuat olahan masih terbatas.unnamed2

Olehkarena itu, melihat adanya potensi demikian maka Pusat layanan usaha terpadu / PLUT-KUMKM DI Yogyakarta bekerja sama dengan Balai Penelitian Teknologi Pertanian bersama dengan program Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhamadiyah Yogyakarta mengadakan pendampingan teknologi tepat guna sehari mengenai pengolahan kakao menjadi Dodol Kakao, Minuman Serbuk Kakar, serta workshop Pengemasan produk.

Masyarakat yang tergabung dalam ibu-ibu PKK purbarasa sangat antusias mengikuti workshop pengolahan kakao ini. Sebagai lembaga yang bergerak dalam penelitian teknologi pertanian, BPTP berharap dengan diadakannya latian pengolahan kakao menjadi Dodol Kakao dan Minuman Serbuk Kakao ini mampu memberikan nilai tambah bagi produk kakao yang dihasilkan kawasan gunung api purba Nglanggran.

Guna meningkatkan nilai jual dari produk dodol kakao dan minuman serbuk kakao, pengembasan produk dengan baik sangat diperlukan. PLUT-KUMKM DI Yogyakarta mendorong masyarakat guna meningkatkan kualitas produk melalui kemasan. Dengan kemasan yang baik diharapkan prounnamedduk mampu memiliki nilai jual yang lebih dan memiliki daya saing jual dengan produk-produk lainnya.

Selain itu, guna menunjang pemasaran produk dodol kakao dan minuman serbuk kakao, PLUT-KUMKM menyarankan pelaku UKM untuk aktif menangkap peluang pasar dengan cara menitipkan produk ke pusat oleh-oleh yang ada di sekitar gunung api purba Nglangran maupun yang ada di DIY. Termasuk jua ikut memajang produk dodol kakao dan minuman serbuk kakao di Galery PLUT-KUMKM DI Yogyakarta.