Launching-PLUT-KUMKM-DIY-Braman-Setyo-deputi-restrukturisasi-dan-pengembangan-usaha-mikro-kecil-menegah-kemenkopYOGYA (KRjogja.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (PLUT KUMKM) yang berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto Yogyakarta untuk mengakomodasi segala keperluan dan pengembangan kualitas pelaku usaha kecil.  Selain itu, membangkitkan UMKM dan Koperasi sehingga bisa mandiri.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY, Tri Mulyono mengatakan dengan kehadiran PLUT KUMKM ini diharapkan lima tahun ke depan Koperasi dan UMKM bisa ‘go international’ deangan adanya pendampingan. PLUT KUMKM ini akan memberikan tujuh layanan utama yaitu konsultasi bisnis, pendampingan/mentoring, promosi dan pemasaran, fasilitasi akses pembiayaan, pelatihan bisnis,jaringan kemitraan, layanan pustaka entreprenuer.

“PLUT KUMKM DIY ini dimanfaatkan secara maksimal guna membangun ekonomi nasional. Khususnya meningkatkan daya saing KUMKM di dalam negeri maupun skala internasional,” ujar Tri Mulyono mewakili Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono dalam Peresmian Kantor PLUT KUMKM DIY, Rabu (25/06/2014)

Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian KUKM Braman Setyo menyampaikan PLUT KUMKM DIY paling banyak ehingga layak menjadi pilot project atau percontohan nasional sekaligus melengkapi 21 PLUT KUMKM yang ada di tanah air. PLUT KUMKM tersebut paling tidak memberikan peningkatan kerja KUMKM dan keorganisasian guna mencapai kenaikan produktifitas dan miliki daya saing.

Referensi : http://krjogja.com/read/220854/pemda-diy-bangun-plut-kumkm-diy.kr