Tak terasa hari ini kita telah memasuki puasa hari ke-10. Tentu jika puasa bukan lagi beban maka tidak ada rasa berat untuk menjalankannya bukan. Justru semangat beribadah seharusnya jadi menggebu-gebu selama bulan ini.

Ramadhan memang menjadi bulan berkah dalam hal apapun, tak terkecuali berkah bagi pelaku usaha. Moment ramadhan memunculkan para pelaku usaha musiman. Coba kita amati disekeling banyak tenda-tenda semi permanen yang menjajakan menu buka puasa, di medsos juga banyak yang mulai menawarkan busana muslim. Yuk sekarang kita coba inventarisir peluang bisnis apa saja yang cukup menarik dijalankan selama bulan ramadhan.

  1. Bisnis kuliner

Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa adalah ketika berbuka. Tidak makan dan minum dari subuh hingga maghrib tentunya meningkatkan selera makan. Bahkan tahu tempe pun dapat menjelma menjadi menu hotel bintang lima saat berbuka. Situasi ini sangat mendukung bisnis kuliner Anda. Adapun model bisnis ini bisa dikelompokkan ke dalam beberapa segmen pasar yaitu: pertama; Anda dapat menjual menu berbuka untuk pasar acak (di pinggir jalan, bazar ramadhan 2016, pasar, dll), kedua; melayani pemesanan menu berbuka untuk masjid-masjid atau perumahan yang memberikan takjil harian, ketiga; Anda dapat men-spesifik-kan diri dengan hanya menjual menu khusus sahur.

 

  1. Bisnis Fashion

Pada bulan ramadhan biasanya orang ramai-ramai meng-upgrade busana muslimnya. Hal ini dikarenakan pada bulan ini penuh dengan aktifitas kegiatan keagamaan, mulai dari shalat tarawih, kajian ramadhan, pesantren kilat hingga buka puasa bersama. Nah moment ini bisa jadi peluang untuk manjual produk fashion muslim berupa sarung, peci, baju koko, gamis, mukena, jubah dan sebagainya.

 

  1. Bisnis Jasa Penitipan

Ada tradisi yang lazim dilaksanakan di negeri kita menjelang lebaran idul fitri yaitu mudik. Ia seolah-olah menjadi suatu yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Peluang bisnisnya adalah Anda dapat menawarkan jasa penitipan hewan/binatang peliharaan seperti kucing, burung, ular, dsb. Selain itu bisa juga membuka penitipan barang-barang berharga seperti motor, TV, dsb. Barang tersebut bisa ditaruh di tempat Anda, atau barang tetap di rumah klien namun Anda melakukan pengecekan setiap hari.

 

Demikianlah tiga peluang bisnis yang dapat Anda coba untuk moment ramadhan dan lebaran idul fitri tahun ini. Peluang bisnis di atas tentu memiliki peluang dan tantangannya masing-masing. Jika Anda ingin menggali lebih dalam terkait model bisnis ini bisa datang langsung ke kantor PLUT-KUMKM DIY yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto 162 Yogyakarta. Selamat mencoba..