At5RI-POKZvxVcWt48KLcj59FguhJcpXiIdkiAfujHduPagi ini jam baru saja menunjukkan pukul 08.34 WIB tampak beberapa orang menapaki tangga menuju ruang meeting kantor PLUT-KUMKM DIY. Ada yang terlihat sedang mengisi presensi, ada juga yang tampak berbincang dengan kenalan barunya. Suasana seperti ini lazim pada setiap selasa pagi di kantor PLUT-KUMKM DIY. Mereka adalah para pelaku koperasi dan UMKM yang akan mengikuti Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP).

Kelas Bisnis Selasa Pagi atau yang lebih dikenal dengan KBSP memang program rutin yang digagas oleh PLUT-KUMKM DIY dengan tujuan memberikan pelatihan teknis bagi para pelaku KUMKM. Materi yang disamapaikan tiap minggu pun berbeda-beda, yaitu tentang manajemen pemasaran, internet marketing, teknik pembuatan blog, teknik packaging produk pangan, pembukuan usaha, bisnis model, dan implementasi HKI bagi UMKM. Di samping itu KBSP juga menjadi sarana saling bertukar informasi dan pegalaman terkait usaha yang dijalankan oleh masing-masing pelaku UMKM.

Sebut saja Zacky salah seorang peserta yang hadir pada KBSP “Strategi Sukses Internet Marketing” yang dibawakan oleh Wira Sutirta (Konsultan PLUT-KUMKM DIY) hari ini. Usahanya yang bergerak di bidang jasa wolsum bisa dikatakan sudah cukup sukses, rata-rata omzet per bulan sebesar 60 juta dan berada di urutan pertama hasil pencarian google. Strategi yang dilakukannya hanya bermain pada optimalisasi hastag. Tentu pengalaman yang dibagikan oleh Zacky sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM lainnya, sehingga dapat direplikasi dan dikembangkan oleh pelaku lainnya.

Lain halnya dengan Hana Sukemi. Ibu paruh baya yang dipercaya oleh Pemda Kulon Progo untuk menghimpun dan memasarkan produk-produk UMKM kabupaten Kulon Progo sangat aktif mengikuti KBSP. Bisa dikatakan kalau tidak ada halangan yang sangat penting bisa dipastikan beliau hadir di KBSP. Walaupun menempuh jarak puluhan kilometer dengan menggunakan sepeda motor namun tidak mengendorkan antusiasmenya untuk belajar. Hal ini tentu patut ditiru oleh generasi muda pelaku UMKM.