ina garudaKUMKM di Yogyakarta mendapatkan bantuan penambahan modal usaha dari program CSR BUMN dan BUMS. Penyerahan bantuan program pemberdayaan KUMKM melalui PKBL yang diadakan di Hotel Ina Garuda pada tanggal 26 Maret 2014.
“Dengan adanya tambahan permodalan ini dapat meningkatkan kapasitas usaha serta kemajuan usaha bagi para KUMKM di Yogyakarta”. Begitulah yang disampaikan oleh Yulia Arisnani W, MBA, Ph.D sebagai pemateri pertama dalam acara “Pembukaan Acara Pencangkokan Usaha Bagi Calon Wirausaha Baru Melalui Pendampingan Oleh UKM Sukses”. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan program dari Kementrian Koperasi dan UMKM yang didukung oleh BUMN dan BUMS.
Dalam rangka program pengembangan KUMKM di wilayah D.I. Yogyakarta, beberapa BUMN dan BUMS memberikan perhatian kepada UKM binaan melalui PKBL/ CSR. Sejumlah UKM terpilih mendapatkan bantuan mulai dari 10-50 juta.
Selain itu dalam acara penyerahan bantuan usaha, terpilih satu diantara KUMKM yang hadir mendapatkan pinjaman modal usaha senilai 1 Milyar kepada koperasi Sumber Rejeki, Patuk, Gunung Kidul. Bantuan usaha ini diberikan oleh Bank BNI 46 yang memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR).
Selain pemberian bantuan, pada kegiatan tersebut dihadirkan juga para pelaku usaha yang telah sukses dalam bidangnya untuk berbagi ilmu dan pengalaman usaha suksesnya. Beberapa diantaranya hadir Yulia Arisnani W, MBA, Ph.D. PIC Entrepreneurship Corner Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada. Selain itu hadir juga Pimpinan Sidiq Manajemen, Bapak Solikin.
Dalam kesempatan berbagi, beliau mengungkapkan bahwa sukses merupakan sebuah kata yang diinginkan banyak orang untuk menggapainya. Dalam rangka menggapai hal tersebut, KUMKM diharuskan untuk selalu berinovasi dalam membangun usahanya. Selain itu kunci sukses juga berasal dari kerja keras yang harus dilakukan oleh seluruh anggota manajemen.
Dari PLUT Jogja yang juga hadir dalam kegiatan ini sangat antusias mengikuti kegiatan. Para konsultan PLUT Jogja pun sangat berharap bahwa dengan berbagai bantuan yang telah diberikan oleh BUMN dan BUMS kepada para pelaku usaha baik itu koperasi maupun UKM dapat betul-betul memberikan dampak positif bagi kegiatan usaha. Sekaligus dengan adanya bantuan ini diharapkan kedepan semakin banyak lagi koperasi dan UKM yang bisa mendapatkan bantuan seperti ini.