Pada hakikatnya semua produk (dalam hal ini juga termasuk jasa) dapat dijual secara online. Karena aktifitas transaksi jual beli di dunia maya pada dasarnya hanya menjiplak apa yang terjadi di dunia nyata. Profesi apapun yang berhubungan dengan jual beli di dunia nyata juga ada di dunia maya. Ada penjual, pembeli, makelar, penipu, produk, toko pengecer, toko grosir, lapak pedagang kaki lima dan sebagainya. Lalu apa bedanya, bedanya hanyalah sang penjual dan pembeli tidak saling bertatap muka secara langsung. Mereka berada pada ruang dan waktu yang berbeda. Lalu produk apa yang tepat untuk dijual secara online. Berikut ini saran bagi Anda sebelum menentukan produk bisnis online Anda.

1. Jual produk yang tidak mudah ditemukan di pasar offline. Anda harus memiliki kemampuan membaca produk apa saja yang sekiranya masih jarang beredar di pasar offline. Susahnya barang diperoleh di toko offline inilah yang membuat para konsumen tertarik utuk membeli produk yang Anda jual di toko online Anda.

2. Pilih produk sesuai tren dan sesuai dengan hobi Anda. Sebagai contoh, misalnya Anda adalah salah satu penggemar sepakbola, maka Anda dapat membuka toko online dengan menyediakan berbagai macam barang yang berhubungan dengan sepak bola misalnya saja pernak-pernik bola, baju bola, sepatu bola dan lain sebagainya. Bisnis yang dijalankan sesuai dengan hobi pastinya membuat Anda lebih menjiwainya.

3. Tentukan jenis produk dengan turnover rendah. Adakalanya sebuah produk akan lebih cepat dan mudah ketinggalan jaman atau kadaluwarsa seperti makanan maupun jenis produk kecantikan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih dan menentukan produk apa yang cocok Anda jual sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis toko online sebagai bisnis sampingan. Jangan sampai produk Anda tidak laku terjual dan menumpuk di gudang sehingga berakibat buruk terhadap bisnis toko online Anda.

4. Tentukan jenis produk yang memiliki banyak aksesoris Produk yang memiliki banyak aksesoris akan bisa menambahkan nilai suatu produk. Contohnya saja produk gadget, laptop dan kamera. Produk tersebut memiliki berbagai aksesoris, hal itu dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi bisnis untuk menjual produk dengan harga lebih mahal. Misal Anda menjual laptop, kemudian Anda memberikan bonus aksesorisnya berupa cooling pad dan lain sebagainya.

5. Menjual jenis produk dengan berat yang ringan Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam menjalankan bisnis toko online adalah adanya biaya pengiriman; atau biasa disebut dengan ongkos kirim yang akan dibebankan oleh para konsumennya. Sehingga hal ini juga harus menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis toko online dalam mematok harga jual produk agar biaya yang harus di tanggung oleh konsumen tetap lebih murah jika dibandingkan dengan mereka membeli di toko offline. Untuk itu, cobalah menjual produk dengan berat yang ringan sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli beberapa produk sekaligus.