image

Yogyakarta, PLUT-KUMKM DI Yogyakarta menyelenggarakan bimbingan teknis Aplikasi Business Model Canvas (BMC) bagi Koperasi pada tanggal 8-9 April 2015 di gedung PLUT KUMKM DI Yogyakarta jln HOS Cokroaminoto 162. “Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah guna memperkenalkan BMC kepada koperasi di wilayah DIY. Dengan mengetahui konsep dari BMC, kami harap Koperasi yang ada di DIY mampu memetakan bisnisnya sehingga dapat berkembang.” tutur Yuli Afriyandi (koordinator Konsultan PLUT KUMKM) DIY.

Rencananya dalam dua hari ke depan, kegiatan aplikasi BMC bagi koperasi ini dihadiri sekitar 75 peserta dari berbagai koperasi di DIY. “Kami mengunadang 44 koperasi dari seluruh wilayah DIY, dari setiap koperasi ada yg mengirim dua perwakilan dan satu perwakilan.” kata ketua pelaksana, Wira Sutirta.

Selain dari koperasi, PLUT-KUMKM DI Yogyakarta juga memberikan kuota 10 peserta dari UMKM. “Hal ini kami maksudkan agar pelaku UMKM pun bisa mempelajari BMC gina mengwmbangkan usahanya.” imbu Wira Sutirta.

Pada pelatihan BMC kali ini PLUT-KUMKM DIY menghadirkan narasumber dari ForBiz Indonesia, Cahyadi Joko Sukmono yang memang konsen dalam pengembangan KUMKM dengan menggunakan salah satu alat BMC dalam memetakan bisnis.