Kak Wahyu Konsultan Pemasaran PLUT KUMKM DIYYogyakarta, 10 November 2015.
PLUT KUMKM DIY mengadakan Kelas Bisnis Selasa Pagi (KBSP) dengan satu tema dasyat yaitu Marketing Revolution. Terdapat 28 Peserta dengan kriteria usaha mulai dari Produksi, Jasa, maupun Retail. KBSP ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB dan bertempat di Gedung Pelatihan PLUT KUMKM DIY lantai 2 dan menghadirkan narasumber Bapak Wahyu Tri Atmojo, Konsultan Pendamping PLUT KUMKM DIY.
Pokok bahasan adalah apa yang dimaksud dengan USP. USP yang dimaksud dalam pertemuan ini bukanlah Unique Selling Proposition, melainkan Ultimate advantage, Sensational Offer, dan Powerful Promise.

Ultimate Advantage merupakan kelebihan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh suatu bisnis dibandingkan dengan kompetitornya. Kelebihan tidak hanya soal produk, tapi juga harga, cara pemasaran, dan lain sebagainya.
Disampaikan oleh narasumber bahwa setiap bisnis yang ingin berkembang haruslah memiliki ultimate advantage, yaitu apa keunggulannya dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Sensational Offer merupakan suatu penawaran yang diberikan oleh seorang penjual kepada konsumennya yang mana dalam penawaran itu memiliki kekuatan yang sangat luar biasa sehingga ketika seorang konsumen diberikan penawaran tersebut kemudian dia tidak membelinya kesannya konsumen tersebut rugi. Disampaikan oleh narasumber bahwa Sensational Offer biasanya terkait dengan tiga hal, yaitu diskon, hadiah, atau limit terbatas waktu dan jumlah pada suatu produk yang ditawarkan.

Powefull Promise merupakan suatu penawaran yang diberikan oleh seorang penjual untuk menjawab dari keraguan dan kekawatiran seorang konsumen ketika hendak membeli suatu produk atau jasa. Powefull Promise biasanya diwujudkan dalam bentuk garansi produk.

Disampaikan oleh narasumber bahwa setiap pengusaha haruslah selalu untuk mengembangkan USP dan setelah itu dengan tekun untuk terus berusaha memfokuskan dan mempraktikkan serta menyempurnakan apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan terhadap produk atau jasa serta penawarannya. Dengan begitu pemasaran suatu produk atau jasa akan berdampak positif dan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Bagi Koperasi dan UKM yang berada di wilayah D.I. Yogyakarta bisa mengikuti kelas serupa setiap hari selasa pukul 09.00 WIB yang bertempat di Gedung PLUT KUMKM DIY secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai KBSP ini, silahkan hubungi Call Center PLUT KUMKM DIY di (0274) 552149.