PLUT KUMKM DIY akan mengadakan pelatihan mengenai kurasi produk. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada hari senin, 14 Desember 2014. Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya PLUT KUMKM DIY, SMESCO, dan ABDSI.

 

Banyak Koperasi dan UMKM dating ke PLUT KUMKM DIY dan menanyakan apa itu kurasi. Dari berbagai media social pun juga banyak mitra PLUT KUMKM DIY yang masih belum paham mengenai apa itu sebenarnya kurasi. Pada artikel kali ini akan kita bahas secara umum mengenai apa itu kurasi, serta apa perbedaan antara kurasi, curator, dan kuratorium.

 

Kata Kurasi berasal dari bahasa Inggris yaitu curation, dari kata ini berkembang kata curate, curator, dan curatorial. Kemudian di Indonesia di sepakati dengan nama kurasi, kurator dan kuratorial. Dalam wester New 20 centure dictionery, curation berasal dari bahasa latin cura, curatum (to take care of) berarti menjaga, merawat, atau seseorang yang menjaga atau memilihara, memperhatikan dan mengawasi segala sesuatu seperti perpustakaan umum, musium, koleksi seni rupa dan sejenisnya.

 

Secara etimologis Istilah kurator (curator) berasal dari bahasa yunani kura, berati merawat dan menyembuhkan (cure) atau peduli (care). kemudian dalam The Consice Oxford Thesaurus (1995) mengacu pada keeper, custodian, conservation, guardian, caretaker, stewart yang dapat diartikan orang yang menangani pekerjaan yang berhubungan dengan memilihara, memperhatikan, menjaga, membenahi, sampai menyuguhkan kembali sesuatu artifak/ objek.

 

Kemudian Kuratorial (Curatorial) merupakan pengetahuan atau pemehaman akan benda-benda (artifak). Sedang secara menyeluruh tugas kurator adalah memberi jasa perencanaan dan pelaksanaan suatu.

 

Untuk tahu lebih lengkap mengenai apa itu kurasi produk, silahkan untuk mengikuti kegiatan workshop “Workshop Kurasi Produk Unggulan”¬†yang akan dilaksanakan pada Senin, 14 Desember 2015 Mulai jam 07.30 – selesai. Informasi lebih lanjut, hubungi Bapak Yuli Afriyandi (Telepon: 0858.7888.8840) atau bisa dating langsung ke kantor PLUT KUMKM DIY, Jl. HOS COkroaminoto No.162 Yogyakarta.

 

Semoga bermanfaat, salam sukses (y)