Menikmati kelezatan dan kesegaran soto ternyata tidak hanya bisa kita nikmati di pagi hari. Di daerah Giwangan, tepatnya disebelah barat terminal bus giwangan, kita dapat menikmati kelezatan soto Pak Heriyanto di malam hari. Inilah soto setan, sekilas namanya tekesan menakutkan, tapi jangan salah, menu soto yang satu ini bener-benar mantap rasanya.

“Alasan saya membuat porsi soto ini lebih banyak dari biasanya, karena saya mempunyai prinsip semoga yang makan soto ini cukup porsinya” kata Pak Heriyanto, pemilik warung soto setan asli Wonosari. Dengan dibantu oleh anak laki-lakinya dan 2 pegawainya Pak Heriyanto menjajakan soto dan buburnya.Tambah Heriyanto, “ide membuka usaha soto dan bubur ini yang bisa dinikmati di malam hari, adalah karena beliau ingin memberikan sensasi baru terhadap dunia kuliner”.

Oleh sebab itulah masyarakat menjujlukinnya dengan nama soto setan, walaupun yang dijualanya tidak hanya soto, bubur juga ada. Menurut kebanyakan orang, menu yang satu ini dinamakan soto setan karena hanya dapat kita nikmati di malam hari, bahkan tengah malam sekalipun. Secara umum, komposisi soto ini sama dengan kebanyakan soto ayam yang sering kita nikmati, yaitu nasi, kubis, kecambah, ditaburi daging ayam dan bawang serta disiram dengan kuah soto. Hanya saja yang membedakan soto setan ini adalah porsinya yang lebih banyak dari soto biasa dan menu ini hanya dapat dinikmati dimalam hari.

Warung soto setan Pak Heriyanto yang berdiri sejak tahun 1992 ini tidak pernah sepi pengunjung bahkan tengah malam sekalipun. Ada saja pelanggan setia yang datang untuk menikmati kelezatan soto setan ini. Selain menu utama soto setan, warung ini juga menyajikan hidangan yang tidak kalah mantap, yaitu bubur ayam, dan sebagai pelengkap hidangannya sate usus, tahu bacem dan tempe. Hanya dengan uang relatif murah untuk bubur ayam saja kita dapat menikmati kelezatan bubur ayam Pak Heriyanto ini.

Diwarung tersebut selain 2 menu andalan tersebut, disediakan pula aneka gorengan dan baceman tahu dan tempe sebagai pelengkap untuk menikmati menu yang mantap tersebut. Bagi para penikmat kuliner malam, yang ingin mencicipi kelezatan soto dan bubur ayam di malam hari, bisa mencicipi menu yang satu ini setiap hari dari pukul 17.00 s.d 05.00 di alamat Jl. Imogiri Timur tepatnya di selatan SLB C Yogyakarta.

Sumber : http://www.kompasiana.com/jozp/soto-setan-kuliner-malam_550b9e3d813311802bb1e12d